Sehari Setelah Kepala dan Wakil Otorita IKN Mengundurkan Diri, Jokowi Kunker ke Ibu Kota Nusantara

Sehari Setelah Kepala dan Wakil Otorita IKN Mengundurkan Diri, Jokowi Kunker ke Ibu Kota Nusantara

Berita Utama | sindonews | Selasa, 4 Juni 2024 - 11:54
share

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024). Kunker tersebut dilakukan sehari setelah Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe diumumkan mengundurkan diri dari jabatan Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Jokowi tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan sekitar pukul 17.45 WITA, Senin (3/6/2024). Jokowi disambut Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Nanang Avianto, Pangkoarmada II Laksda Ariyanto, serta Danlanud Dhomber Kolonel Pnb David Ali Hamzah.

Jokowi berkunjung ke salah satu pusat perbelanjaan di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, pada Senin, 3 Juni 2024 malam. Dalam kesempatan itu, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni, dan Wishnutama Kusubandio.

Di Kaltim, Jokowi dijadwalkan melakukan sejumlah agenda kerja, antara lain menghadiri peresmian pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVII Tahun 2024 hingga meresmikan sejumlah pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Salah satunya adalah meresmikan persemaian Mentawir, Penajam Paser Utama. "Dalam membangun Ibu Kota Nusantara, sebelum itu dimulai, saat itu saya perintahkan kepada Menteri LHK Bu Siti, Bu Menteri tolong yang dibangun pertama itu adalah persemaian, karena nanti akan kita butuhkan untuk menghijaukan kembali Ibu Kota Nusantara, tetapi juga di wilayah Kalimantan Timur dan sekitarnya," kata Jokowi dalam sambutannya dalam peresmian persemaian tersebut.

Topik Menarik