300 Kuota untuk Jemaah Safari Wukuf saat Puncak Haji

300 Kuota untuk Jemaah Safari Wukuf saat Puncak Haji

Berita Utama | sindonews | Minggu, 2 Juni 2024 - 15:43
share

Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan 300 kuota bagi jemaah safari wukuf saat puncak haji 2024. Safari wukuf ini diberikan untuk jemaah lanjut usia (lansia) yang tidak mampu melaksanakan wukuf di Arafah.

“Kita sudah mengadakan persiapan membuat skema bagaimana jamaah yang nanti tidak punya pendamping yang dinyatakan oleh dokter memang tidak bisa melaksanakan ibadah haji secara sempurna. Tidak perlu wukuf, tidak perlu mabit di Muzdalifah dan mina atau yang perlu disafariwukufkan," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Khalilurrahman kepada tim Media Center Haji di Kantor Urusan Haji Indonesia, Makkah, Sabtu (1/6/2024).

Dia mengungkapkan, kuota jemaah yang akan disafari wukufkan sebanyak 300 orang. Safari wukuf ini, kata dia, semata-mata demi kesehatan, keselamatan jamaah haji Indonesia mengingat jumlah jemaah haji tahun ini terbanyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Dear Jemaah, Waspadai 5 Tanda Penyakit Jantung Ini, Segera Periksa!

“Untuk safari wukuf kita mendapatkan data dari dokter KKHI kantor kesehatan Indonesia. Mereka yang akan melakukan filter siapa yang layak yang berhak untuk safari wukuf lansia,” terangnya.

Hal itu, lanjutnya, mempertimbangkan usia, kesehatan, dan pendamping. Selain safari wukuf lansia yang menjadi tanggung jawab Kemenag, ada juga safari wukuf yang menjadi tanggung jawab kantor kesehatan Indonesia.

“Safari wukuf KKHI, mereka sangat sakit, tidak bisa duduk, tidak bisa berdiri, menggunakan alat bantu pernafasan. Itu yang safari wukufkan oleh KKHI,” jelas Khalil.

Jadi baik yang safari wukuf lansia non KKHI ataupun yang KKHI, tetap semuanya mendapatkan rekomendasi dan berdasarkan filterisasi dari kantor kesehatan haji di Indonesia, di Mekah. “Untuk safari wukuf nonlansia kuotanya 300, kalau yang KKHI masih pendataan,” pungkasnya.

Topik Menarik