Suhu Hampir Tembus 52,9 Derajat Celcius, 33 Orang Tewas Akibat Sengatan Panas di India

Suhu Hampir Tembus 52,9 Derajat Celcius, 33 Orang Tewas Akibat Sengatan Panas di India

Berita Utama | okezone | Minggu, 2 Juni 2024 - 14:35
share

NEW DELHI - Rekor suhu yang dicatat minggu ini di ibu kota India, New Delhi sebesar 52,9 derajat Celcius terlalu tinggi sebesar 3 C, kata pemerintah India pada Sabtu, (1/6/2024) dan menyalahkan kesalahan sensor cuaca.

Departemen Meteorologi India (IMD) telah menyelidiki pembacaan stasiun cuaca pada Rabu, (29/5/2024) di Mungeshpur, sebuah sudut padat di Delhi, "dan menemukan kesalahan sensor 3°C", kata Menteri Ilmu Bumi Kiren Rijiju sebagaimana dilansir Reuters.

“Langkah-langkah perbaikan kini sudah dilakukan,” kata menteri tersebut, sambil menyampaikan kesimpulan dari rancangan laporan tentang angka tertinggi sepanjang masa di platform media sosial X. Dia tidak memberikan angka koreksi untuk suhu pada Rabu.

IMD mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa suhu maksimum yang dilaporkan oleh stasiun cuaca Mungeshpur “tidak benar karena tidak berfungsinya sensor”.

Namun rekor suhu panas kota tampaknya masih terpecahkan.

Dua stasiun cuaca di ibu kota melaporkan suhu 49 C dan 49,1 C pada Rabu. IMD mengatakan kedua stasiun ini telah diperiksa dan tidak melaporkan adanya kesalahan sensor.

Topik Menarik