Kisah Perjalanan Karier Shin Tae-yong yang Pernah Bobol Gawang Persib Bandung hingga Jadi Pelatih Kesayangan Timnas Indonesia

Kisah Perjalanan Karier Shin Tae-yong yang Pernah Bobol Gawang Persib Bandung hingga Jadi Pelatih Kesayangan Timnas Indonesia

Berita Utama | BuddyKu | Rabu, 11 Januari 2023 - 14:35
share

KISAH perjalanan karier Shin Tae-yong yang pernah bobol gawang Persib Bandung hingga jadi pelatih kesayangan Timnas Indonesia. Momen tersebut terjadi pada 1995 ketika sang juru taktik asal Korea Selatan masih aktif bermain sebagai pesepak bola untuk klub negara asalnya, Seongnam FC.

Nama Shin Tae-yong sangat populer di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Itu karena dia menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia selama beberapa tahun terakhir dengan proyek ambisius di hadapannya.

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong begitu disayang oleh masyarakat Indonesia, terutama sekali karena kesuksesannya membawa Garuda--julukan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Ini merupakan Piala Asia pertama yang akan diikuti oleh Indonesia sejak terakhir kali pada 2007 silam.

Namun jauh sebelum kepopulerannya hingga disayang masyarakat Indonesia kini, Shin Tae-yong pernah menjadi mimpi buruk. Persib Bandung merasakan kehebatannya sebagai pemain.

Pada 1995, tim yang dibela Shin Tae-yong, Seongnam FC, berjumpa dengan Persib Bandung di Liga Champions Asia. Kedua tim bersua di babak perempat final wilayah Asia Timur dalam sistem grup yang diisi oleh empat tim.

Bertanding di Bandung, Seongnam FC sukses membekuk Persib Bandung 5-2. Shin Tae-yong mencetak gol kedua untuk timnya dalam laga itu pada menit ke-19.

Kemenangan itu pun membantu Shin Tae-yong dan rekan-rekannya melenggang ke semifinal Liga Champions Asia 1995. Mereka finis sebagai juara grup zona Asia Timur.

Sepanjang kariernya, Shin Tae-yong menghabiskan banyak waktu bersama Seongnam FC, yang kemudian berubah nama sebagai Seongnam Ilhwa. Dia bermain di sana dari tahun 1992 hingga 2005, sebelum pensiun pada tahun yang sama bersama klub asal Australia, Brisbane Roar.

Shin Tae-yong

Sebagai pelatih, Shin Tae-yong juga dikenang sebagai legenda di Seongnam Ilhwa. Pasalnya, dia sukses mempersembahkan trofi Liga Champions Asia pada musim 2009-2010 serta Piala Korea Selatan pada musim 2010-2011.

Setelahnya, Shin Tae-yong melatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 hingga memulangkan juara bertahan Jerman. Mulai Januari 2020, dia ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia yang menangani berbagai level dari U-19 hingga tim senior.

Topik Menarik