Pasangan DEFA Gelar Wayang Golek, Metty Triantika: Terima Kasih Masyarakat Dapil 4 Atas Dukungannya

Pasangan DEFA Gelar Wayang Golek, Metty Triantika: Terima Kasih Masyarakat Dapil 4 Atas Dukungannya

Terkini | bandungraya.inews.id | Minggu, 20 Oktober 2024 - 11:40
share

CIANJUR, iNewsBandungRaya.id - Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Metty Triantika mengucapan terima kasih tulus kepada masyarakat di Daerah Pemilihan (Dapil) Cianjur 4 meliputi Kecamatan Ciranjang, Bojongpicung, Mande, Sukaluyu, dan Haurwangi, atas dukungannya sehingga bisa terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Cianjur pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 lalu.

Ucapan itu disampaikan Metty dalam sambutan di pagelaran wayang golek semalam suntuk dengan menampilkan dalang multitalenta Kodrat E Taryana dari Lingkung Seni Putra Giri Loka Bojongpicung yang digelar pasangan Cabup-Cawabup Cianjur Deden Nasihin-Efa Fatimah (DEFA) di Alun-alun Ciranjang, Kecamatan Ciaranjang, Kabupaten Cianjur, Sabtu (19/10/2024) malam.

Metty Triantika mengungkapkan rasa syukur dan penghargaan kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung perjalanan politiknya hingga dipercaya menjadi Ketua DPRD Cianjur.

“Alhamdulillah pada pileg yang lalu Partai Golkar di Kabupaten Cianjur memperoleh kemenangan, sehingga qodarullah saya akhirnya bisa menjadi Ketua DPRD Kabupaten Cianjur,” kata Metty yang juga menjabat Bendahara Umum DPD Partai Golkar Jabar ini.

Menurut Metty, besarnya dukungan masyarakat Kabupaten Cianjur, khususnya warga di dapil 4 merupakan amanah yang harus dijunjung tinggi. 

“Ini semua adalah buah dari kebersamaan dan gotong-royong kita semua. Saya tidak mungkin bisa sampai di posisi ini tanpa dukungan bapak dan ibu sekalian,” kata Metty di hadapan ribuan penonton yang memenuhi Alun-alun Ciranjang yang diresmikan Ridwan Kamil, Gubernur Jabar periode 2018-2023 itu.

 

Pagelaran wayang golek tersebut dihadiri sejumlah tokoh penting, termasuk Cabup-Cawabup Cianjur yang diusung Partai Golkar dan PKS, Deden Nasihin-Efa Fatimah. Hadir pula Ketua Tim Pemenangan DEFA Wilman Singawinata dan jajaran. 

Kemudian, para ketua Pengurus Kecamatan (PK) Partai Golkar se-Dapil 4 dan sejumlah komunitas relawan, seperti, Relawan Indinesia untuk Deden-Efa (RAIDE), Rekawan Teh Metty Peduli (TMP) dan komunitas lain. 

Metty menekankan pentingnya sinergi antara masyarakat dan pemerintah dalam memajukan daerah, khususnya di bidang seni budaya. 

“Pagelaran wayang golek ini bukan sekadar hiburan, tapi upaya bersama untuk terus melestarikan budaya. Budaya adalah jati diri kita sehingga menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaganya,” tutur Teh Metty, sapaan akrabnya.

Teh Metty berharap pertunjukan wayang golek dapat terus dikembangkan untuk memperkuat kolaborasi antara masyarakat, pemerintah, dan seluruh elemen untuk membangun Kabupaten Cianjur yang berdaya saing, khidmah, dan amanah (Berkah).

Cabup Cianjur nomor urut 3 Deden Nasihin menyampaikan visi kebudayaan jika terpilih menjadi Bupati Cianjur periode 2025-2030. Deden menegaskan komitmen memberikan ruang lebih luas bagi perkembangan dan pemajuan kebudayaan di Kabupaten Cianjur.

 

Doktor Kebijakan Publik Universitas Padjadjaran (Unpad) ini juga berjanji akan bersinergi dengan ekosistem ekonomi guna memastikan bahwa kebudayaan tidak hanya dilestarikan, tetapi juga bisa menjadi pilar penting dalam pembangunan ekonomi daerah.

“Kebudayaan adalah aset luar biasa bagi Kabupaten Cianjur. Jika kami terpilih, kami akan memastikan bahwa kebudayaan mendapatkan tempat layak, tidak hanya di hati masyarakat, tetapi juga dalam kebijakan-kebijakan pemerintah daerah. Kami ingin kebudayaan berjalan selaras dengan pengembangan ekonomi, sehingga keduanya bisa saling mendukung dan memajukan,” kata Deden.

Kang Denas, sapaan akrabnya, menyitir sejumlah keterangan terkait pentingnya memajukan kebudayaan dan ekonomi masyarakat. Termasuk memberikan pesan kepada para pendukung untuk selalu bersikap baik dan mengedepankan akhlak mulia dalam berpolitik.

“Kita tidak boleh terpancing oleh mereka yang merusak banner dan alat praga kampanye lainnya, termasuk fitnah dan tuduhan-tuduhan negatif yang dilontarkan di media sosial. Kita harus tetap santun,” ujar Deden seraya menjelaskan arti dan nilai filosofis dari beberapa nama gamelan.

Pantauan di lapangan, pagelaran wayang golek dengan lakon Parikesit Ngadeg Raja malam itu berlangsung meriah. Masyarakat antusias memadati Alun-alun Ciranjang. Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Metty Triantika bersama pasangan Cabup-Cawabup Deden-Efa mendapat sambutan hangat dari masyarakat, menunjukkan tingginya apresiasi terhadap upaya menjaga dan mengembangkan kebudayaan di Cianjur.

Topik Menarik