Menkes Budi Ungkap Kebiasaan Sederhana yang Bikin Panjang Umur

Menkes Budi Ungkap Kebiasaan Sederhana yang Bikin Panjang Umur

Berita Utama | bandungraya.inews.id | Sabtu, 14 September 2024 - 14:20
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Banyak orang ingin memiliki umur panjang. Meski begitu, tidak banyak yang tahu jika kunci untuk hidup panjang ternyata tak sesulit yang dibayangkan.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin membagikan tips bagi masyarakat yang ingin memiliki umur panjang hingga usia 72 tahun.

Hal itu disampaikan Menkes Budi saat membuka acara 'Ayo Sehat Festival 2024' yang dihadiri oleh para relawan kesehatan se-Indonesia, di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (14/9/2024).

Menkes Budi mengatakan, tujuan acara ini adalah untuk menyosialisasikan cara hidup sehat agar harapan hidup masyarakat Indonesia meningkat.

"Penting untuk menjaga badan tetap sehat, jangan sampai sakit. Pertama adalah makan berhenti sebelum kenyang, lalu olahraga, apa pun jenisnya, 30 menit sehari, dilakukan sampai wafat," ucap Menkes.

 

Menkes Budi juga menekankan pentingnya tidur minimal 6 jam sehari agar tubuh tetap sehat.

"Insyaallah, kita bisa hidup hingga 72 tahun. Ukur juga gula darah agar di bawah 200, kolesterol, dan lingkar perut. Untuk pria, lingkar perut sebaiknya di bawah 90 cm atau ukuran celana jeans di bawah 34," katanya.

Bagi perempuan, Menkes Budi menyarankan agar lingkar perut di bawah 80 cm atau ukuran celana jeans di bawah 32.

Dirinya juga mengimbau para relawan kesehatan untuk menyebarkan informasi gaya hidup sehat ke seluruh Indonesia, khususnya kepada ibu-ibu di RT dan RW.

"Kalau kita sehat, mencari uang jadi lebih mudah dan bisa menikmati hidup," ujarnya.

 

Pada acara tersebut, seorang nenek berusia 96 tahun bernama Dewi Rohana, membagikan tips untuk hidup panjang umur. Menurutnya, hidup mandiri, mengonsumsi sayur, buah, dan kadang-kadang daging adalah kunci.

"Saya masih mencuci dan menjahit sendiri, dan makan dengan garam saja kalau tidak ada daging," ucap Dewi dihadapan Menkes Budi.

Dewi juga menjaga pola tidurnya dengan tidur pada pukul 10 malam dan bangun pukul 4 pagi. Dia bercerita memiliki 14 anak, 35 cucu, dan 67 cicit, dan bahwa suaminya sudah meninggal.

Sementara itu, Dirjen Kesmas Kemenkes RI, Maria Endang Suwimi, mengatakan, acara ini melibatkan 87 mitra dan 130 kegiatan.

"Kami menyediakan berbagai zona untuk anak-anak, ibu menyusui, remaja, dewasa, dan lansia, termasuk zona olahraga dan kuliner sehat," ucap Maria.

 

Di tempat yang sama, Penjabat Gubernur Jabar, Bey Machmudin mengungkapkan rasa senangnya karena Jabar terpilih menjadi tuan rumah Ayo Sehat Festival.

"Terima kasih kepada Kemenkes telah memilih Bandung. Kesehatan masyarakat adalah kunci kesejahteraan bangsa," tandasnya.

Topik Menarik