KM Samarinda Tenggelam di Perairan Anambas, Ini Identitas 3 Penumpang Tewas

KM Samarinda Tenggelam di Perairan Anambas, Ini Identitas 3 Penumpang Tewas

Terkini | balikpapan.inews.id | Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:50
share

ANAMBAS, iNewsBalikpapan.id - Sebanyak tiga orang tewas dalam kecelakaan laut Kapal Motor (KM) Samarinda yang tenggelam di Perairan Matak, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, pada Jumat (26/7/2024). Selain itu, enam penumpang luka kritis dan 31 orang lainnya selamat.

Informasi yang diperoleh iNews mengungkapkan identitas ketiga korban tewas, yaitu Siti Aisyah, Reva, dan Yurnalisa. Mereka merupakan warga Matak, Anambas.

Kasubsie Siaga dan Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Natuna, Budiman, mengatakan bahwa KM Samarinda awalnya berangkat dari Pelabuhan Tarempa menuju Pelabuhan Palmatak dengan membawa 40 orang dan enam motor. Para penumpang rata-rata adalah pekerja di Tarempa yang tinggal di Matak.

Selama pelayaran, diduga kapal kayu ini kelebihan muatan dan banyak penumpang naik di atas palka. Akibatnya, kapal menjadi tidak seimbang hingga akhirnya terbalik dan tenggelam.

Kami awalnya mendapat laporan dan langsung mengerahkan personel Pos SAR Anambas ke lokasi menggunakan RIB 02. Ada 40 penumpang di kapal itu, dengan tiga korban meninggal dan enam kritis, ujar Budiman, Jumat (26/7/2024).

Proses penyelamatan ini melibatkan tim SAR gabungan dari Basarnas, Lanal Tarempa bersama unsur SAR TNI-Polri, BPBD Anambas dan lainnya.

Dalam video yang direkam warga terekam detik-detik puluhan penumpang kapal terombang-ambing di tengah laut. Mereka terbagi menjadi beberapa kelompok yang mengapung sebelum diselamatkan.

Kemudian kapal penyelamatkan melemparkan beberapa barang untuk menjadi pegangan para korban agar tidak tenggelam. Mereka selanjutnya dievakuasi dengan prioritas pertama anak-anak dan perempuan.

Topik Menarik