Tingkatkan Inovasi dan Kualitas Pendidikan, Fak Teknik UTP Gandeng PT. Teknindo Geosistem Unggul

Tingkatkan Inovasi dan Kualitas Pendidikan, Fak Teknik UTP Gandeng PT. Teknindo Geosistem Unggul

Nasional | badung.inews.id | Senin, 28 Oktober 2024 - 22:30
share

SOLO, iNewsbadung.id - Tingkatkan inovasi dan kualitas pendidikan, Fakultas Teknik UTP gandeng PT. Teknindo Geosistem Unggul, sebuah perusahaan yang berkomitmen menyediakan layanan dan teknologi berkualitas dalam lingkup spesialis geosintetik.

Kerjasama yang digelar belum lama ini di Ruang Sidang Kampus I Universitas Tunas Pembangunan (UTP) ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan inovasi di bidang keteknikan. 

Menurut Rektor UTP, Prof. Dr. Winarti, M.Si., kerjasama ini juga dilakukan untuk memberikan manfaat signifikan bagi mahasiswa, dosen dan masyarakat luas.

Rektor Winarti menambahkan, ada beberapa poin dilakukan dalam penjajakan kerjasama, yakni aktivitas seperti magang industri bagi mahasiswa ataupun join riset. 

“Saya berharap kedua instansi dapat tumbuh besar melalui kerjasama ini, sehingga apa yang diharapkan bisa  tercapai," terang Winarti. 

Winarti juga berharap, PT. Teknindo Geosistem Unggul dapat membantu mahasiswa UTP dalam melaksanakan magang, atau melakukan riset bersama. 

 

Direktur PT. Teknindo Geosistem Unggul, Azmi Lisani Wahyu menyambut baik kerjasama dengan UTP, bahkan sebelumnya sudah terjalin kerjasama.

Kerjasama ke-40 ini diharapkan Azmi Lisani Wahyu tidak terputus, sehingga dapat memfasilitasi kampus tidak hanya kuliah umum, atau mengisi seminar tetapi dapat melakukan upgrade skill mahasiswa. 

"Jadi nantinya mahasiswa menjadi project manager yang tidak lupa dengan kami, apalagi komitmen kami adalah mendukung pendidikan dan penelitian yang dapat memberikan solusi terbaik bagi tantangan di bidang geoteknik dan infrastruktur,” jelas Azmi Lisani Wahyu.   

Ditambahkan Azmi, selama ini PT. Teknindo Geosistem Unggul merupakan sub kontraktor spesialis di bidang tanah, di mana saat ini sedang mengerjakan tol untuk Bawen Yogyakarta.

Peran PT. Teknindo Geosistem Unggul disebutkan Azmy adalah melakukan pengecekan tanah, apakah sudah tepat untuk dapat dibangun jalan tol atau belum, sehingga tim harus sering bolak balik ke Jawa Tengah.

Terkait usulan Rektor Winarti, Azmi mengusahakan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan teoritis dalam proyek-proyek nyata, serta akan terlibat pada penelitian bersama untuk menghasilkan inovasi di bidang geoteknik dan infrastruktur. 

 

Sementara Dr. Tri Hartanto, S.T., M.Sc.,  Dekan Fakultas Teknik (FT) UTP menyebutkan bahwa sebelumnya FT UTP sudah melakukan kunjungan lapangan ke proyek yang digarap PT. Teknindo Geosistem Unggul, yakni di Jalan Lingkar Lamongan. 

Tri Hartanto menambahkan, awalnya daerah tersebut merupakan rawa-rawa yang akhirnya dibuat jalan Lingkar Lamongan. 

Melalui kunjungan ini mahasiswa dikatakan Tri Hartanto dapat melihat langsung proses pembuatan jalan yang semula adalah rawa-rawa, namun bisa menjadi akses jalan. 

Di samping itu, mahasiswa juga dapat  melihat kondisi tanah, sehingga menjadi pengalaman pembelajaran sebelum terjun di industri. 

Menurut Tri, keuntungan kerjasama ini tidak hanya dirasakan mahasiswa, tetapi juga dosen. 

“Kami ada dosen sedang studi lanjut S3, yakni Reki Arbiyanto, karena itu saya berharap Pak Reki bisa dibantu dalam pendanaan riset. Mungkin konsep risetnya nanti bisa tentang konsep penanganan tanah, sehingga perusahaan dapat menerima hasil riset yang dilakukan dosen. 

 

Harapan ini disampaikan Tri Hartanto karena tidak ada lagi MBKM yang didanai pemerintah. 

Terkait kerjasama yang dilakukan, FT UTP juga melakukan penandatanganan MoU, MoA dan IA  dengan PT. Teknindo Geosistem Unggul. 

Semoga tulisan tentang Tingkatkan Inovasi dan Kualitas Pendidikan, Fakultas Teknik UTP Gandeng PT. Teknindo Geosistem Unggul, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik