4 Hal Ini Bisa Dinikmati di Desa Bakbakan Gianyar Bali

4 Hal Ini Bisa Dinikmati di Desa Bakbakan Gianyar Bali

Travel | badung.inews.id | Kamis, 24 Oktober 2024 - 21:30
share

GIANYAR, iNewsbadung.id - Kemegahan dan ketenaran Pulau Bali, tidak terlepas dari Kabupaten Gianyar, sebuah kabupaten yang dijuluki sebagai Gumi Seni dengan semboyan Dharma Raksata Raksita, yang berarti  barang siapa berbuat dharma (Kebenaran), maka ia akan dilindungi dharma itu sendiri. 

Bicara tentang Kabupaten Gianyar, ada sebuah desa di kabupaten yang juga dikenal sebagai daerah penghasil kerajinan ukiran patung kayu yang ramai dikunjungi wisatawan. 

Desa bernama Bakbakan yang terletak
Jalan Raya Petak Gianyar, Banjar Kawan Desa Bakbakan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali ini, dalam laman resmi Kemenparekraf disebutkan sebagai  desa wisata kategori rintisan. 

Berikut 4 hal yang bisa dinikmati di Desa Bakbakan Gianyar Bali, di mana pengalaman berada di desa ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan. 

1. Air Terjun Goa Rang Reng 

Bosan dengan wisata pantai yang mendominasi wisata alam di Pulau Bali, tidak ada salahnya jika mencoba wisata alam lain, yakni air terjun Goa Rang Reng. 

 

Air Terjun Goa Rang Reng ini merupakan hidden gem, namun banyak wisatawan lokal dan asing mengunjungi destinasi wisata ini.

Dengan ketinggian sekitar 20 meter, air terjun Goa Rang Reng sangat memesona, ditambah jatuhnya air membentuk kolam alami, yang menyajikan pemandangan indah, sehingga sangat cocok untuk bersantai.

Dari cerita mulut ke mulut, air terjun Goa Rang Reng juga dipercaya mampu menjawab doa terutama bagi pasangan yang lama belum dikarunia keturunan. 

Pasangan yang lama belum mendapatkan keturunan dapat berendam di air kolam yang dihasilkan air terjun Goa Rang Reng ini, di mana paling baik dilakukan saat tilem atau purnama. 

2. Taman Sari Waterfall

Berada di dekat pusat kota Kabupaten Gianyar, Taman Sari Waterfall menawarkan pesona alami dan keindahan yang tidak ternilai. 

 

Air terjun bertingkat yang menjadi ciri khas Taman Sari Waterfall ini juga dilengkapi dua kolam renang alami atau natural pool, yang bersumber dari air terjun. 

Meskipun berada di tempat yang mudah dijangkau, namun Taman Sari Waterfall sangat nyaman, karena tidak terlalu ramai pengunjung. 

3. Bumbu Rajang Bali

Berada di Desa Wisata Bakbakan, Kabupaten Gianyar, Bali akan semakin menyenangkan apabila menyempatkan membeli oleh-oleh bumbu rajang Bali, yang terdiri dari  bahan herbal yakni  lengkuas, jahe, kunyit, kencur, dicampur  bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, sereh dan rempah wewangian seperti merica, ketumbar dan bangle. 

4. Ngenjung Sari Meukir

Ngenjung Sari Meukir adalah sebuah UMKM yang berdiri 20 tahun lebih, di mana produk yang dihasilkan adalah ukiran seperti ukiran pintu, ukiran canggahwong dan lainnya. 

 

Ukiran ini dipahat seniman-seniman asli Desa Bakbakan Gianyar Bali, di mana para pengunjung juga dapat memesan ukiran sesuai keinginan dan berkonsultasi langsung terlebih dulu terkait motif.

Semoga tulisan tentang 4 Hal Ini Bisa Dinikmati di Desa Bakbakan Gianyar Bali, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik