Gedung Pesona Nusantara Akan Dibangun Lebih Indah, Sandiaga Uno: Siap Dukung Pelayanan Publik

Gedung Pesona Nusantara Akan Dibangun Lebih Indah, Sandiaga Uno: Siap Dukung Pelayanan Publik

Travel | inews | Selasa, 24 September 2024 - 23:19
share

JAKARTA, iNews.id - Gedung Kementerian Pariwisata di Jalan Kimia Nomor 12, Kelurahan Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat dilakukan di-groundbreaking. Gedung ini akan diubah menjadi Gedung Pesona Nusantara. 

Renovasi ini dilakukan mengingat bangunan gedung tersebut yang sudah memiliki usia lebih dari 70 tahun.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno bersama Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo hadir dan melakukan peletakan batu pertama. Sandiaga mengungkap gedung tersebut perlu di-groundbreaking mengingat kelayakannya yang sudah tak memadai.

“Kita akan melakukan renovasi gedung yang sudah berusia 70 tahun lebih dan kelayakannya yang sudah tidak sesuai,” ungkap Sandiaga saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2024).

Sandiaga mengungkap gedung tersebut merupakan bekas Direktorat Kebudayaan yang telah berdiri selama kurang lebih 73 tahun. Renovasi ini akan membuat Gedung Pesona Nusantara akan lebih indah dan juga dilengkapi fasilitas seperti lapangan olahraga.

Gedung tersebut juga didesain untuk lebih ramah lingkungan dengan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik sehingga meminimalisasi penggunaan listrik.

Selain itu, Sandiaga berharap Gedung Pesona Indonesia ini tak hanya akan baik secara fisik, tapi juga bisa menjadi akses layanan publik yang semakin memadai.

“Kita harapkan ini gedung yang bisa memberikan pelayanan publik dan dikelola dengan anggaran yang sangat hati-hati, dan bisa digunakan dengan penuh aspek inklusivitas,” katanya.

Sandiaga mengatakan anggaran untuk groundbreaking Gedung Kementerian Pariwisata yang akan menjadi Gedung Pesona Nusantara ini akan memakan anggaran sekitar Rp24 miliar untuk tahap pertama dan Rp14 miliar di tahap berikutnya hingga penyelesaian.

Rencananya, pembangunan tahap awal akan dilakukan selama 124 hari dan dimulai pada September hingga Desember 2024. Pembangunan akan dilanjutkan dengan interior gedung pada tahun depan.

Topik Menarik