Prodi Tari ISI Surakarta Raih Juara Peksimida 2024, Kalahkan Puluhan Perguruan Tinggi

Prodi Tari ISI Surakarta Raih Juara Peksimida 2024, Kalahkan Puluhan Perguruan Tinggi

Nasional | badung.inews.id | Rabu, 3 Juli 2024 - 22:10
share

SOLO, iNewsbadung.id - Program studi (prodi) tari ISI Surakarta raih juara pertama Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) 2024 mengalahkan puluhan perguruan tinggi. 

Menurut Anhar Widodo, S.Sos., Humas ISI Surakarta, untuk bisa mengalahkan
25 perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Tengah, prodi tari melakukan 
persiapan latihan secara intensif.

Latihan secara intensif dilakukan para penari yakni Novy Annanta Putri, Auranisa Rizka Prasita, Ajeng Nirmala Suryana Putri, Davina Darafrida, Oknabila Rizqi Lailianti, Raden Ajeng Cahyaning Savitry Ary Murty dan Andini Azka Buci Arifiani. 

Tidak hanya penari, tari berjudul Sekar Manggala ini juga melibatkan koregrafer Ajeng Safitri dan Andini Azka, dengan komposer Dewayana. 

Karya tari yang didukung 20 pemusik dan 5 mahasiswa untuk tim produksi ini juga melibatkan dosen pembimbing Didik Bambang Wahyudi, S. Kar., M.Sn., serta Anggono Kusumo Wibowo, S.Sn., M.Sn. 

Ditambahkan Anhar Widodo, perolehan peringkat pertama di Peksimida 2024 ini membuat ISI Surakarta menjadi wakil Jawa Tengah mengikuti Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) yang akan digelar Bulan September 2024 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). 

 

Sementara lahirnya karya tari Sekar Manggala disebutkan Anhar Widodo terinspirasi dari sosok wanita pemberani, yang merupakan panglima perang dan ahli strategi dalam perang Diponegoro.

Sekar Manggala adalah sosok egaliter yang menjunjung tinggi emansipasi wanita da  kukuh menjaga karakter bangsa. 

"Tari Sekar Manggala mencoba mengungkap sifat dan sikap tokoh perempuan berpembawaan anggun, sikap tegas, pemberani serta mempunyai jiwa besar untuk negeri," terang Anhar Widodo. 

Karya tangkai tari garapan ini mengandung pesan bergerak dari raga yang bersih, terbang bagai jiwa yang suci dan berserah jiwa raga untuk negeri.

Kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan di Gedung Teater Kecil ISI Surakarta belum lama ini merupakan kolaborasi antara Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Provinsi Jawa Tengah dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. 

Semoga tulisan tentang Prodi Tari ISI Surakarta Raih Juara Peksimida 2024, Kalahkan Puluhan Perguruan Tinggi, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik