12 Lulusan Terbaik ULB Peroleh Penghargaan Hingga Saldo Tabungan Dari BRI

12 Lulusan Terbaik ULB Peroleh Penghargaan Hingga Saldo Tabungan Dari BRI

Terkini | asahanraya.inews.id | Minggu, 22 September 2024 - 10:50
share

LABUHANBATU, iNewsAsahanRaya.id - Universitas Labuhanbatu mewisuda sebanyak 403 mahasiswa/i lulusan Diploma, Sarjana ke XXVI dan Pascasarjana ke IV periode ke II tahun Akademik 2023-2024. Dari jumlah tersebut, 12 lulusan terbaik menerima penghargaan berupa sertifikat, cenderamata, serta saldo tabungan dari PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Rantauprapat

Berikut nama-nama lulusan terbaik yang berlangsung di Auditorium universitas setempat pada Sabtu (21/9/2024).

1. Intan Fadila Hasibuan, Amd Kom (Manajemen Informatika, IPK 3,85)

2. Yuti Ariyanti, SP (Agroteknologi, IPK 3,94)

3. Riski Febriyan Pasaribu, S.Kom (Teknologi Informasi, IPK 3,74)

4. Novira Dwi Andini, S.Kom (Sistem Informasi, IPK 3,93)

5. Asri Jp TogaTorop (Hukum, IPK 3,87)

6. Dian Patria Purba, SM (Manajemen, IPK 3,96)

7. Nadya Ayu Ramadhani Simbolon, S.Akt (Akuntansi, IPK 3,90)

8. Ramadani Batubara, S.Pd (Pendidikan Biologi, IPK 3,86)

9. Tiara Widia Kemri,S.Pd (Pendidikan Matematika, IPK 3,81)

10. Marlina Nasution,S.Pd (Pendidikan PPKN, IPK 3,73)

11. Rosnaini Nasution,S.E.,M.Si (Ilmu Manajemen S2, IPK 3,93)

12. Ahmad Ghozali,S.E.,M.H (Ilmu Hukum S2, IPK 3,93)

Ketua panitia kegiatan, Masrizal, S.Kom M.Kom saat dikonfirmasi iNews.id mengatakan, para lulusan terbaik tersebut memperoleh penghargaan dari kampus berupa sertifikat dan cenderamata.

"Selain itu ada juga hadiah dari sponsor, salah satunya bank BRI, Wardah," ujarnya.

Nurul Amiilia Simatupang, perwakilan BRI Cabang Rantauprapat mengatakan, pihaknya memberikan sejumlah uang di saldo tabungan. Hal itu sebagai bentuk dukungan BRI terhadap SDM berprestasi di bidang pendidikan.

"Jadi kita memberikan buku tabungan serta atm dan sejumlah saldo di dalamnya. Tentu kami mengucapkan selamat kepada lulusan yang diwisuda, khususnya kepada lulusan terbaik ini," sebutnya.

Pantauan di lokasi, kegiatan ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, termasuk Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara, Plt Bupati Labuhanbatu, perwakilan Forkopimda, serta orang tua wisudawan.

Rektor Assoc. Prof. Ade Parlaungan Nasution, SE, MS.i, Ph.D dalam pidatonya, menekankan pentingnya kewirausahaan bagi para lulusan, mengingat keterbatasan lapangan kerja di sektor formal. ULB juga berperan aktif dalam program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), yang mencakup kegiatan magang dan pertukaran mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia, termasuk proyek kemanusiaan dan kebangsaan.

Ade juga menyoroti tantangan di era Revolusi Industri 5.0, yang membawa otomatisasi teknologi ke berbagai sektor, termasuk pertanian. Oleh karena itu, lulusan perlu mengembangkan soft skill, karakter, dan mentalitas untuk menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif.

"Saya lihat sendiri di beberapa tempat bahkan untuk penyemprotan pupuk kelapa sawit sudah pakai drone. Artinya ini tantangan, disatu sisi suka atau tidak harus menerima, ini juga akan menimbulkan persoalan tertentu, makanya departemen pendidikan nasional melalui Dikti itu merekayasa bagaimana menggabungkan pendidikan dan karakter, mentalitas, softskill, agar ilmu yang diperoleh dari perguruan tinggi dapat bermanfaat," kata Rektor.

Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan dan tetap menjaga nama baik almamater.

Ketua Yayasan ULB, Halomoan Nasution, SH MH turut mengucapkan selamat kepada para lulusan, dengan harapan mereka terus menjaga nama baik almamater dan berterima kasih kepada orang tua mereka yang telah berkorban demi pendidikan anak-anaknya.

Sementara Plt Bupati Ellya Rosa Siregar mengucapkan selamat kepada para lulusan serta menyampaikan apresiasi ke ULB.

Kepala LLDikti, Prof. Drs. Saiful Anwar Matondang, juga memberikan nasihat agar para lulusan memperbanyak silaturahmi untuk meraih kesuksesan dan selalu menghargai orang tua mereka.

"Perbanyak silaturahmi apabila ingin sukses, baik itu menjadi pegawai, wirausahawan ataupun politisi, semoga tergantung kemampuan dalam beradaptasi di lingkungan. Kemudian hargai orang tua, walaupun anda sarjana, tapi itu adalah orang yang melahirkan dan membesarkan anda," jelasnya.

Topik Menarik