Viral Wisatawan Jalan di Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara, Netizen: Ilustrasi Sirotol Mustaqim!

Viral Wisatawan Jalan di Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara, Netizen: Ilustrasi Sirotol Mustaqim!

Travel | inews | Rabu, 21 Agustus 2024 - 18:54
share

JAKARTA, iNews.id - Jembatan Gantung Situ Gunung di Sukabumi belakangan ini menjadi sorotan netizen. Jembatan ini menjadi yang terpanjang di Asia dan membuat orang yang melewatinya bisa bergetar.

Terbaru, seorang wisatawan sukses mengabadikan momen seru sekaligus menegangkan saat berjalan di atas Jembatan Gantung Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat. Seperti diketahui, jembatan Gantung Situ Gunung merupakan jembatan gantung terpanjang, yang berada di tengah hutan, di Asia Tenggara.

Jembatan ini membentang sepanjang 243 meter, dengan lebar 1,8 meter, dan ketinggian 121 meter di atas permukaan tanah. Tak heran, dalam konten video yang diunggah di akun TikTok @backpackertampan, ekspresi sang kreator konten saat berjalan di sepanjang jembatan tersebut tampak begitu tegang dan ketakutan.

Meski begitu, dia sukses mengabadikannya lewat 'vlog' yang menampilkan momen menegangkan ketika dia melewati jembatan yang kanan kirinya hanya dibatasi sling besi tersebut. Dalam video tersebut, salah satu tangannya tampak terus berpegangan di sling pembatas jembatan.

Sementara, satu tangannya lagi tampak terus merekam momen dia berjalan di atas jembatan yang memiliki pijakan yang cukup kecil. Bahkan, saking tegangnya, si kreator konten tersebut sampai mengucapkan doa, berharap dia tidak terjatuh meski telah mengenakan sejumlah pengaman.

Dia juga terus mengarahkan wajahnya ke atas dan tidak mau menengok ke bawah untuk mengatasi phobia terhadap ketinggian. "ALLAHUAKBAR. Bismillah bisa. Yuk chin up. Nggak boleh lihat ke bawah. Menengok ke bawah adalah untuk kekalahan. Menengok ke atas adalah untuk pemenang," katanaya.

Sontak, kontennya viral dan kini telah ditonton hingga 1,3 juta pengguna. Banyak warganet yang ikut merasakan ketegangan kreator konten tersebut.

"Ga bisa bgt ini yg acrophobia ke sini..! kenapa? panjang bgettttt wooee, ujar @nie***

"ya ALLAh ini jembatan di dunia SDH serem bgt membayangkan nanti kita berjalan di sirotol mustakim yg sangat tipis jembatannya, tutur @sia***

"Ilustrasi siratal mustaqim, kata @sno***

"Lu yang jalan kaki gua yang keringetan," kata @sec***

"Lengah dikit pindah alam," ujar @pit***

Sebagai informasi, Jembatan Gantung Situ Gunung berlokasi di Taman Wisata Alam Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat.

Jembatan ini telah menjadi salah satu tempat tujuan wisata selama bertahun-tahun dan merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Sebelum ditetapkan sebagai TNGGP, kelompok hutan tersebut ditetapkan sebagai zona inti Cagar Biosfer Cibodas oleh UNESCO pada Tahun 1977.

Kawasan TNGGP memiliki banyak keindahan alam yang berpotensi menjadi objek wisata alam diantaranya berupa air terjun, air panas, gua, jalur pendakian, dan danau. Salah satu dari keindahan-keindahan tersebut adalah Kawasan Situgunung.

Jembatan Gantung Situgunung pertama kali dibangun di pertengahan tahun 2017. Proses pembangunan jembatan dilakukan secara manual dengan melibatkan warga lokal dan tenaga ahli dari Bandung. Meskipun tidak menggunakan alat berat, pembangunan jembatan ini selesai dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun, lebih tepatnya selama 4 bulan. Untuk keselamatan dan kenyamanan, selama pembangunan, dilakukan pendampingan teknis dari Puslitbang Jalan dan Jembatan.

Topik Menarik