5 Desa Wisata di NTB Harus Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup, Suasananya Alami Dikelilingi Bukit

5 Desa Wisata di NTB Harus Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup, Suasananya Alami Dikelilingi Bukit

Travel | inews | Selasa, 6 Agustus 2024 - 18:46
share

JAKARTA, iNews.id - Desa wisata di NTB sangat menarik untuk dijelajahi. Desa-desa ini menawarkan keindahan alam, budaya, dan keramahtamahan masyarakat lokal. 

Tidak hanya indah dan menyimpan tradisi budaya, desa wisata ini juga memiliki keunikan. Keindahan alam dan kekayaan budaya yang masih kental di sana menjadi daya pikat tersendiri bagi para wisatawan.

Penasaran, ingin tahu di mana saja desa wisata di NTB yang harus dikunjungi minimal sekali seumur hidup? Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (6/8/2024).

Desa Wisata di NTB

1. Desa Wisata Sade

Desa Sade adalah salah satu dusun yang ada di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Desa ini terletak di antara jalan raya Praya ke Kuta, sekitar 30 km dari Kota Mataram. Desa Sade merupakan kampung asli Suku Sasak yang dikenal dengan rumah tradisional terbuat dari anyaman bambu dan beratapkan alang-alang. Menampilkan budaya dan tradisi suku Sasak, termasuk tenun ikat tradisional.

2. Desa Wisata Senaru

Wisata Desa Senaru di Pulau Lombok, merupakan satu dari banyak desa yang memiliki tempat wisata memukau di Lombok Utara. Desa ini terletak di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Ada banyak destinasi wisata yang bisa ditemukan dan nikmati di desa ini. Mulai dari wisata alam yang menawarkan kesegaran alami, ada Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep. Desa ini juga merupakan pintu gerbang menuju pendakian Gunung Rinjani.

3. Desa Wisata Tetebatu

Desa Wisata Tetebatu terletak di selatan Gunung Rinjani dengan ketinggian 700 Mdpl. Desa ini menawarkan suasana yang masih asri dan asli. Salah satu daya tarik ekowisata di desa Tetebatu adalah hutan monyet (monkey forest) yang terletak di bagian utara. Saat memasuki hutan, wisatawan disambut oleh nyanyian merdu dengan beragam jenis burung dan deretan pohon yang tersusun rapi. Hutan itu dihuni oleh lutungor lutung (Trachypithecus Auratus), spesies monyet hitam berekor panjang yang merupakan salah satu dari penghuni asli hutan. Kegiatan ekowisata flora-fauna endemik, bird watching juga memberikan diversifikasi produk wisata desa.

4. Desa Wisata Sembalun

Sembalun Lawang adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Desa ini terletak di bawah kaki Gunung Rinjani yang dikelilingi bukit-bukit indah. Berada di desa ini Anda dapat menemukan buah yang biasanya tumbuh subur di pegunungan, salah satunya stroberi. Sejauh mata memandang Anda dapat menikmati pemandangan tanaman stroberi.

5. Desa Wisata Mataram

Desa Mataram terletak di Lombok Barat menawarkan pesona alam dan budaya yang unik. Desa ini memiliki lanskap yang indah dengan hamparan sawah hijau, perbukitan, dan pemandangan yang menyejukkan. Suasana perdesaan yang tenang memberikan pengalaman yang menyegarkan dari kehidupan kota. Berada di sini pengunjung dapat menyaksikan tradisi dan kebiasaan masyarakat Sasak, termasuk upacara adat dan festival lokal. Desa ini juga menyimpan beberapa situs bersejarah dan tempat budaya yang menarik untuk dikunjungi, mencerminkan sejarah dan perkembangan daerah.

6. Desa Wisata Bayan

Desa Bayan berlokasi di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Desa ini memiliki wisata alam seperti terasering persawahan yang sangat indah, apalagi sunsetnya dapat di lihat dari persawahan yang menambah keindahannya. Desa Bayan dikelilingi oleh lanskap yang spektakuler, termasuk salah satunya Gunung Rinjani. Terletak di dekatnya, Gunung Rinjani memberikan latar belakang yang menakjubkan dan sering menjadi tujuan pendakian bagi para pencinta alam. Karena berada jauh dari keramaian kota, Desa Bayan menawarkan suasana yang tenang dan damai, ideal untuk relaksasi dan menikmati keindahan alam.

Itulah seputar desa wisata di NTB yang menawarkan pengalaman unik serta memadukan keindahan alam, budaya, dan tradisi lokal. Desa ini menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan. Selamat berkunjung!

Topik Menarik