Resmi Digelar, Indofest 2024 Hadirkan Diskon dan Dukung Gerakan Ramah Lingkungan

Resmi Digelar, Indofest 2024 Hadirkan Diskon dan Dukung Gerakan Ramah Lingkungan

Travel | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 11:15
share

JAKARTA, iNews.id - Kabar baik bagi pencinta olahraga luar ruang atau outdoor, Indonesia Outdoor Festival (Indofest) 2024 kembali diselenggarakan pada 4-7 Juli 2024 di Hall B Jakarta Convention Center (JCC). 

Event ini menghadirkan diskon produk dari brand-brand outdoor dalam dan luar negeri serta menghadirkan sensasi petualangan wisata alam dan aktivitas keseruan lainnya.

Chief Executive Officer COS Event Disyon Toba dalam pernyataanya di Jakarta, Sabtu (29/6/2024) menjelaskan, gelaran event 'lebaran anak outdoor' ini tentu akan banyak produk baru yang berinovasi dan trendy, serta promo menarik. Lantaran, Indofest 2024 menjadi ajang promosi terbesar produk-produk kegiatan luar ruang di Indonesia. 

“Selama empat hari, masyarakat juga bisa melihat kegiatan outdoor terbaru, ataupun berjumpa dengan komunitas-komunitas yang hadir hingga melihat produk-produk terbaru yang memudahkan masyarakat beraktivitas outdoor, seperti produk untuk trekking, hiking, camping, lari, traveling, diving, mancing, rafting dan lainnya,” katanya.

Disyon juga menjelaskan, dengan adanya produk baru yang berinovasi diharapkan pegiat luar ruang yang sudah berkecimpung dapat lebih sering melakukan kegiatan outdoor. Bahkan memiliki aktivitas tambahan sehingga alat yang sebelumnya mereka punya bisa dipakai diberbagai kegiatan luar ruang lainnya.

“Melalui Indofest 2024, semangat masyarakat untuk berkegiatan luar ruang dapat lebih menyebar dan menumbuhkan lebih banyak lagi kegiatan outdoor. Karena dengan beraktivitas outdoor, masyarakat akan mencintai alam. Dari situlah harapannya masyarakat akan menjaga alam Indonesia sehingga akan tetap lestari,” ujarnya.

Selain itu, Indofest juga menjadi ajang bertemunya para penyedia peralatan dan jasa untuk kegiatan petualangan dan outdoor, antara lain trip organizer, hotel dan resort, destinasi petualangan, penyelenggara trekking, pemberdayaan masyarakat, dan bisnis oleh-oleh lokal.

Indofest sangat membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk menyebarkan kesadaran tentang generasi yang bertanggung jawab (Responsible Traveler/Responsible Mountaineer) untuk menjaga alam tetap asri, ramah, dan lestari.

Dukungan pemerintah, lanjut Disyon, menjadi modal bagi para stakeholder olahraga luar ruang. Diharapkan, event-event seperti ini dapat dipromosikan menjadi suatu kegiatan yang menjadi kebiasaan. Lantaran, Indonesia memiliki potensi wisata yang besar, mulai dari gunung, sungai, pulau-pulau, maupun hutannya.

“Ini menjadi modal besar untuk menarik banyak wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Diharapkan pemerintah dan stakeholder lainnya bisa bersinergi untuk memajukan atau memasyarakatkan kegiatan luar ruang lebih masif lagi,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Project Director Indofest 2024 Niken Saraswati Ratnaningtyas mengatakan, Indofest 2024 kali ini mengangkat tema GEAR (Green, Equality, Action, Responsibility) yang salah satu concernnya adalah sustainability atau keberlangsungan lingkungan, dimulai dengan menumbuhkan kebiasaan sederhana atau little habit yaitu your trash your responsibility hingga less waste.

Tak hanya itu, Indofest kali ini mengusung tagline More Outdoor Less Waste dengan tujuan mengajak semua sobat Indofest untuk lebih banyak melakukan olahraga luar ruang atau outdoor activity, tapi dalam pelaksanaannya justru terus berkampanye untuk mengurangi sampah atau less waste. 

Kampanye ini dilakukan dengan cara tidak membeli air dalam kemasan namun menggunakan tumbler, tidak menggunakan kantong plastik tapi menggunakan kantong belanja yang dipakai berulang-ulang.

"Aksi nyata yang kami lakukan saat pameran adalah menyediakan jenis tempat sampah basah dan kering yang digunakan, mengimbau sobat Indofest baik pengunjung maupun exhibitor atau peserta pameran membawa tumbler, tempat makan, kain lap pengganti tisu. Juga mengimbau peserta pameran untuk tidak menggunakan plastik sekali pakai sebagai tempat menaruh belanjaan dengan menggantinya menggunakan tote bag atau paper bag dan electronic receipt," tuturnya.

Niken juga menjelaskan, Indofest 2024 kali ini akan menghadirkan kurang lebih 70 exhibitor, 7 services, dan 13 komunitas, serta diisi lebih dari 105 brand yang akan memberikan diskon up to 75 persen dan promo menarik lainnya.

Tahun ini, Indofest GEAR menargetkan 50 ribu pengunjung selama 4 hari. Selain tentunya diskon-diskon menarik, pengunjung akan disuguhkan mulai dari Music Performance, Talkshow, dan lainnya. Setiap harinya, akan ada bintang tamu spesial seperti Batas Senja, Jason Ranti, dan musisi lainnya.

Jadi Sobat Indofest jangan sampai ketinggalan untuk hunting beragam produk outdoor keinginan kalian. Harga tiket masuk Rp60.000 yang bisa didapat di Hall B JCC Senayan, atau melalui aplikasi Indofest yang dapat diunduh di android dan IOs. Salam Lestari!

Topik Menarik