Sering Mengonsumsi Makanan dan Minuman Panas Bisa Sebabkan Kanker, Ini Penjelasannya

Sering Mengonsumsi Makanan dan Minuman Panas Bisa Sebabkan Kanker, Ini Penjelasannya

Travel | inews | Sabtu, 6 Juli 2024 - 20:13
share

JAKARTA, iNews.id - Dalam kondisi hujan dan cuaca dingin, mengonsumsi makanan dan minuman hangat memang paling nikmat. Biasanya, hidangan yang dipilih adalah kopi, teh, ataupun makanan yang berkuah.

Dikonsumsi saat cuaca dingin bisa membantu menghangatkan tubuh. Namun Anda perlu waspada, mengonsumsi makanan dan minuman panas bisa menyebabkan kanker.

Dokter Spesialis Gizi Christopher Andrian mengatakan, kategori makanan dan minuman panas yang bisa memicu penyakit kanker ini yang suhunya di atas. Misalnya, minuman yang bisa menyebabkan kanker, panasnya mencapai 40 sampai 60 derajat celcius.

Kalau langsung diminum atau makan, bisa merusak sel yang ada di tenggorokan, ujar dr Christopher seperti dikutip dari Podcast Raditya Dika, Sabtu (6/7/2024).

Lebih lanjut dr Christopher mengatakan, sel yang rusak akibat minuman dan makanan panas biasanya akan meregenerasi secara alami menjadi jaringan baru dan itu akan memicu sel kanker. Kalau minum minuman panas terlalu sering berisiko kanker nasofaring, katanya.

Untuk itu dr Christopher mengimbau kepada masyarakat untuk tidak langsung mengonsumsi minuman atau makanan dalam kondisi panas. Kalau bisa dibuat adem dulu deh, anget-anget kuku itu akan lebih aman. Jangan pas baru matang langsung diseruput, katanya.

Topik Menarik