Daftar 10 Oleh-oleh Khas Cilacap, Ada Jajanan Tradisional hingga Camilan Unik

Daftar 10 Oleh-oleh Khas Cilacap, Ada Jajanan Tradisional hingga Camilan Unik

Travel | BuddyKu | Sabtu, 30 September 2023 - 05:39
share

CILACAP, iNews.id Daftar 10 oleh-oleh khas Cilacap berikut ini wajib Anda coba dan beli. Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, memiliki oleh-oleh khas yang tak kalah terkenal dengan tempat-tempat wisata alam maupun wisata buatan.

Oleh-oleh Cilacap memiliki beragam ciri khas masing-masing. Setidaknya ada 10 oleh-oleh khas Cilacap yang terkenal yang wajib Anda beli saat berkunjung di daerah yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat ini.

Oleh-oleh Khas Cilacap

1. Lanting

width=783

Lanting merupakan jajanan tradisional yang menjadi makanan khas dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang bisa Anda dapat di Cilacap. Bahan utamanya berasal dari singkong dengan rempah untuk mendapatkan rasa gurih. Ciri khas jajanan ini ada pada bentuknya yang seperti angka delapan. Terdapat beberapa pilihan rasa selain rasa originalnya seperti keju, barbekyu, pedas, dan lain sebagainya. Lanting bisa didapatkan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh di Cilacap. Harganya juga bervariasi, tergantung dari kemasannya biasanya sekitar Rp20.000 hingga Rp40.000 per kilogram.

2. Keripik Singkong

Keripik singkong khas Cilacap atau biasa disebut Manggleng ini cocok untuk Anda yang suka camilan asin dan gurih. Panganan ini terbuat dari singkong atau ubi kayu berkualitas tinggi. Selain memiliki rasa gurih, ada juga pilihan rasa lain seperti pedas dan balado serta yang lainnya. Satu bungkus keripik singkong Cilacap ini harganya sekitar Rp20.000.

3. Keripik Sukun

Camilan unik lain dari Cilacap yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan adalah keripik dan stik sukun. Rasa buah olahan buah sukun ini manis gurih dengan tekstur yang renyah. Keripik dan stik sukun ini juga kaya akan karbohidrat dan serat, jadi jangan mengonsumsinya banyak-banyak kalau Anda sedang berdiet. Harganya hanya sekitar Rp15.000 untuk satu kemasan kecil.

4. Kerupuk Tenggiri

width=768

Tidak kalah lezat dari kerupuk ikan oleh-oleh khas Palembang, kerupuk tenggiri Cilacap ini wajib Anda beli sebagai oleh-oleh. Menggunakan ikan asli, rasa serta aroma kerupuk ini sangat khas. Dengan teksturnya yang renyah dan kriuk, rasa gurih ikan terasa sangat mantap saat Anda santap bersama nasi hangat. Kerupuk bulat oval ini punya banyak protein ikan dan bisa didapatkan mulai dari harga Rp10.000.

5. Gembus

Oleh-oleh khas Kulonprogo yang mirip dengan geblek adalah jajanan tradisional yang punya tekstur yang kenyal. Bahan utamanya terbuat dari singkong dengan rasa yang gurih dan bentuk seperti donat. Gembus paling nikmat untuk Anda santap selagi masih hangat dengan tambahan bumbu pecel atau sambal saon. Meskipun tergolong makanan tradisional, saat ini sudah ada banyak varian rasa yang lebih kekinian. Misalnya seperti gembus rasa durian, cokelat, atau bahkan keju. Anda bisa membeli gembus frozen dengan harga Rp1.000 per biji yang siap goreng.

6. Tempe Dages

width=774

Tempe dages juga menjadi oleh-oleh khas Cilacap yang punya cita rasa unik. Tempe ini terbuat dari ampas tahu mirip tempe gembus yang jadi bahan baku sate kere, salah satu makanan khas Solo terkenal. Karena menggunakan ampas tahu, warna tempe ini hitam dengan tekstur yang lebih lembut dari tempe biasa. Biasanya tempe ini digoreng menggunakan tepung bumbu mirip dengan mendoan. Anda bisa membeli tempe dages goreng ini dengan harga Rp500 per biji. Tempe dages mentah bisa dibeli di pasar agar lebih tahan lama.

7. Karedok

width=770

Karedok Cilacap mirip dengan karedok, makanan khas Bandung. Pasalnya, Cilacap berada di wilayah perbatasan Jawa Barat. Bahan utamanya terbuat dari sayuran mentah, seperti timun, kubis, toge, kacang panjang, dan wortel. Tidak lupa tambahan bumbu kacang, ketupat, tahu, serta kerupuk agar semakin nikmat. Namun karedok ini tidak bisa bertahan lama sehingga hanya cocok untuk jadi bekal Anda di perjalanan. Meski begitu harganya cukup terjangkau sekitar Rp20.000 untuk porsi besar.

8. Sale Pisang

width=778

Sale pisang Cilacap sedikit berbeda dengan sale oleh-oleh khas Tasikmalaya. Sale pisang Cilacap berbentuk mirip keripik. Irisan pisangnya sangat tipis dengan baluran tepung beras dan gandum. Meski tipis rasa dari setiap lembaran sale ini tetap manis dengan tekstur renyah. Rasa manis tersebut berasal dari rasa alami pisang kepok, pisang raja bandung, raja nangka, atau pisang lempeneng yang jadi bahan utama. Panganan ini bisa tahan sampai berminggu-minggu bahkan meski tanpa pengawet. Harga satu bungkus sale pisang sekitar Rp10.000.

9. Rempeyek Yutuk

width=792

Rempeyek biasanya menggunakan teri atau kacang tanah, namun di Cilacap ada yang namanya rempeyek yutuk. Yutuk atau undur-undur laut ini membuat rasa rempeyek menjadi semakin gurih mirip rempeyek udang. Seperti rempeyek biasa, rempeyek yutuk juga teksturnya renyah dan bisa bertahan lama. Anda bisa mendapatkan peyek ini di banyak toko dan warung dengan harga murah.

10. Batik Tulis Cilacap

width=775

Cilacap punya batik khas sendiri. Batik tulis Cilacap ini sudah menjadi warisan budaya kebanggaan warga Cilacap yang sudah sampai ke pasar internasional. Ciri khasnya terletak pada warnanya terang, seperti biru, kuning, dan biru. Dengan motifnya corak klasik berwarna coklat, putih, dan hitam yang biasanya berupa binatang, buah, bunga, tumbuhan, dan sebagainya. Namun karena proses pembuatan yang masih manual dan kualitasnya yang tinggi harga batik khas Cilacap ini cukup mahal.

Itulah 10 oleh-oleh khas Cilacap yang direkomendasikan untuk Anda. Oleh-oleh ini wajib Anda jadikan buah tangan saat berkunjung di Cilacap.

Topik Menarik