Harga Tiket Masuk Keraton Yogyakarta Ternyata Ramah di Kantong Lho

Harga Tiket Masuk Keraton Yogyakarta Ternyata Ramah di Kantong Lho

Travel | BuddyKu | Jum'at, 10 Februari 2023 - 20:09
share

YOGYAKARTA, iNews.id- Harga tiket masuk Keraton Yogyakarta ternyata sangat ramah di kantong. Jika Anda berwisata ke Jogja, tak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke Keraton Yogyakarta.

Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta. Luas Keraton Yogyakarta mencapai 14.000 meter persegi.

Di kompleks istana terdapat banyak bangunan-bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal Sultan dan keluarganya serta abdi dalem keraton. Keraton diapit oleh dua alun-alun di sebalah utara terdapat alun-alun utara dan di selatan terdapat alun-alun selatan.

Keraton
Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat masih berdiri megah. (Foto: Dok.iNews.id)

Arsitektur keraton dirancang oleh Sri Sultan HB I. Bangunan pokok dan desain dasar tata ruang dari keraton dan desain dasar lasnkap kota tua Yogyakarta diselesaikan antara tahun 1755-1756.

Menurut sejarahnya Keraton Yogyakarta berdiri pada 1755 sebagai hasil dari Perjanjian Giyanti.
Keraton sebagai komplek kegiatan budaya dan tempat tinggal Sri Sultan Hamengkubuwono dan keluarganya tidak semua terbuka untuk umum.

Harga Tiket Masuk Keraton Yogyakarta

harga tiket masuk ke Keraton Yogyakarta sangat terjangkau. Untuk wisatawan lokal cukup membayar tiket Rp8.000 sudah bisa menikmati wisata sejarah Yogyakarta. Sementara untuk wisatawan asing harga tiket dipatok Rp15.000.

Keraton Yogyakarta dibuka untuk umum mulai pukul 8.30 WIB hingga pukul 14.00 WIB.Setiap hari Senin keraton ditutup untuk wisatawatan. Khusus untuk setiap hari Jumat Keraton Yogyakarta hanya dibuka hingga jam 11.000 WIB.

Keraton Yogyakarta berada di Jalan Rotowijayan Blok No 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Tak jauh dari kawasan Malioboro Yogyakarta kira-kira hanya sekitar 10 menit dengan mengendarai mobil.

Anda dapat dengan mudah menuju Keraton Yogyakarta menggunakan bantuan dari Google Maps. Namun bila ingin sensasi yang lain Anda bisa naik andong atau becak dari kawasan Malioboro Jogja. Tapi sebelum naik andong atau becak anda harus memastikan terlebih dahulu tarifnya.

Selain berkunjung ke Keraton Anda juga bisa sekalian berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta atau Tamansari. Kedua lokasi ini memang sangat dekat dengan Keraton Yogyakarta yang bisa ditempuh sekitar 10 menit-an.

Topik Menarik