Hari Kedua Harmoni Global di Riyadh, Saly Yuniar hingga Pertunjukan Akrobatik Hipnotis Pengunjung

Hari Kedua Harmoni Global di Riyadh, Saly Yuniar hingga Pertunjukan Akrobatik Hipnotis Pengunjung

Travel | inews | Senin, 28 Oktober 2024 - 08:16
share

RIYADH, iNews.id - Penampilan sejumlah musisi dan tim akrobatik dari Indonesia memukau pengunjung pada hari kedua ajang Global Harmony atau Harmoni Global di Suwaidi Park, Kota Riyadh, Arab Saudi, Minggu (27/10/2024). 

Harmoni Global ini diinisiasi Kementerian Media Arab Saudi yang bertujuan menyuguhkan ragam kehidupan masyarakat di wilayah Kerajaan Arab Saudi, antara lain menyoroti kehidupan profesional dan kegiatan keluarga lokal, aktivitas sosial, serta rekreasi. 

Pada ajang yang digelar sejak 13 Agustus 2024 tersebut, Indonesia mendapat giliran memamerkan ragam budaya Tanah Air selama empat hari mulai 26-29 Oktober 2024.

Harmoni Global di Riyadh, Arab Saudi. (Foto: Kastolani Marzuki)
Harmoni Global di Riyadh, Arab Saudi. (Foto: Kastolani Marzuki)

Pada gelaran hari kedua itu, tiga musisi dari Indonesia diundang khusus tampil di panggung utama. Mereka adalah DJ Freya, Ridwan Naibaho, dan Saly Yuniar. Selain itu, The Amazing Dino Splendid Acrobats juga tampil spektakuler. 

Penampilan para seniman Indonesia di ajang tersebut mendapat sambutan antusias pengunjung tidak hanya dari warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal dan bekerja di Riyadh, tapi juga masyarakat Riyadh dan warga negara lainnya. 

Bagi WNI, kehadiran para seniman di ajang tersebut sekaligus mengobati rasa kangen mereka akan musik Indonesia. Mereka juga larut dan ikut nyanyi bersama. 

Saly Yuniar, jebolan X Factor yang tampil pertama menghibur para pengunjung dengan lagu Kopi Dangdut, Makhluk Tuhan Paling Seksi, dan lagu-lagu populer lainnya. Pengunjung semakin dibuat larut setelah Ridwan Naibaho menyanyikan lagu Rungkad yang dipopulerkan Happy Asmara. 

Tidak hanya musik dan budaya, ada juga berbagai kuliner khas Indonesia yang ditampilkan di acara Harmoni Global ini, di antara lain sate, rawon, nasi uduk, serta pecel. Indonesia juga memamerkan banyak kerajinan tangan khas mulai dari kain tenun hingga batik, serta menunjukkan tarian tradisional sebagai ajang kolaborasi budaya.

Parade kostum daerah hingga nyanyian lagu daerah juga turut dihadirkan, dengan harapan masyarakat global bisa mengenal budaya serta produk  Indonesia.

Merayakan Keragaman Budaya

Kementerian Media Kerajaan Arab Saudi menyatakan harmoni budaya memiliki makna mengungkapkan ajakan merayakan keragaman budaya melalui seni, musik, makanan, dan berbagai aktivitas, sehingga mendorong pengalaman bersama di berbagai budaya yang berbeda. 

Sedangkan tujuan digelarnya harmoni budaya di antaranya memperkuat ikatan komunikasi antara warga, integrasi budaya terhadap peningkatan kualitas hidup penduduk, serta menekankan pentingnya komunikasi budaya dalam masyarakat Arab Saudi.

Keseruan penampilan budaya Indonesia di Harmoni Global di Riyadh, Arab Saudi. (Foto: Kastolani Marzuki)
Keseruan penampilan budaya Indonesia di Harmoni Global di Riyadh, Arab Saudi. (Foto: Kastolani Marzuki)

Program tersebut merupakan upaya Kerajaan Arab Saudi untuk menciptakan kualitas hidup  sesuai Visi 2030.

Acara Harmoni Budaya ini juga menyoroti upaya pemerintah dan sektor swasta untuk meningkatkan kualitas hidup di kota-kota Arab Saudi.

Sedangkan aspek kehidupan warga dari harmoni budaya itu untuk menampilkan keberagaman kehidupan masyarakat Kerajaan Arab Saudi, kualitas kehidupan para profesional dan keluarga, kegiatan sosial dan rekreasi, kontribusi terhadap perekonomian, kisah sukses, dan integrasi budaya dalam masyarakat Saudi.

Selain itu, bertujuan untuk menyediakan acara dan kegiatan yang selaras dengan budaya mereka.

Dalam acara harmoni budaya itu disediakan panggung anak-anak, berbagai bazar, area permainan, konser dan pertunjukan.

Harmoni Global di Suwaidi Park Kota Riyadh ini akan berlangsung selama kurang lebih 46 hari, dengan partisipasi dari 9 budaya berbeda dan 11 negara seperti Indonesia, Filipina, Pakistan, Bangladesh, Sudan, wilayah Levant, Suriah, Lebanon, Yordania, Mesir, Yaman, dan India.

Topik Menarik