9 Macam-macam Susu yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mengonsumsinya!

9 Macam-macam Susu yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mengonsumsinya!

Travel | BuddyKu | Rabu, 19 Oktober 2022 - 11:40
share

Susu merupakan salah satu minuman yang miliki banyak nutrisi baik bagi tubuh. Sejak balita, manusia telah diannjurkan untuk minum susu dimulai dari Air Susu Ibu (ASI).

Sedikit demi sedikit bertambah umur, pilihan susu yang dikonsumsi tentu akan berbeda-beda. Lantas, apa saja macam-macam susu yang umum dikonsumsi oleh manusia?

Berikut daftarnya!

1. Susu segar

susu sapi
Susu segar langsung dari sang hewan, yakni sapi (freepik.com)

Susu segar adalah macam susu pertama yang dihasilkan oleh hewan yang menyusui seperti sapi, kambing, unta, dan lainnya.

Jenis susu ini jika dikonsumsi dapat mempertahankan massa otot, menguatkan tulang, mendukung komposisi tubuh yang baik, serta memperbaiki kesehatan peredaran darah.

Akan tetapi, susu ini juga memiliki bahaya jika dikonsumsi secara langsung, hal ini karena susu segar masih menyimpan banyak bakteri dari induk hewani dan belum disaring sama sekali.

2. Susu pasteurisasi

susu sapi
Susu yang diminum langsung dari hewani, seperti sapi (freepik.com)

Susu pasteurisasi adalah susu yang melalui proses pemanasan untuk membunuh bakteri pada susu segar.

Susu ini harus dikonsumsi dengan segera setelah melalui proses tersebut. Hal ini karena susu ini hanya bertahan selama 1-2 hari di suhu ruangan atau seminggu jika dikulkas.

Jenis susu ini akan basi atau tidak layak minum jika warnanya berubah menjadi kuning.

3. Susu UHT

susu UHT
Ilustrasi susu UHT (freepik.com)

Susu Ultra High Temperatur (UHT) termasuk macam-macam susu yang telah melalui proses secara termal dalam suhu 1355-145 derajat celcius pada kurun waktu dua hingga lima detik.

Pengolahan secara kompleks tersebut membuat susu UHT aman dikonsumsi, sehingga kadauwarsa akan lebih lama, yakni 6-12 bulan.

Akan tetapi, kurun waktu tersebut berlaku jika susu UHT tidak terkena udara dan sinar matahari. Jenis susu ini yang umum kamu temui di pasaran dan memiliki berbagai varian rasa dan tingkat nutrisi.

4. Susu kedelai

susu kedelai
Ilustrasi susu kedelai (freepik.com)

Susu kedelai merupakan jenis susu yang terbuat dari kacang kedelai yang direndam, kemudian dihaluskan dan direbus.

Macam-macam susu ini termasuk susu nabati yang memiliki kandungan gizi paling mirip dengan susu sapi rendah lemak.

Susu kedelai juga dipercaya mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh dan aman dikonsumsi oleh orang yang sedang diet atau menderita kondisi medis tertentu, seperti alergi susu sapi dan intoleransi laktosa.

5. Susu skim

susu
Ilustrasi susu (freepik.com)

Susu skim termasuk macam-macam susu tanpa lemak yang diolah dengan cara pengeringan atau spray dryer . Proses pengolahan ini dilakukan untuk mempertahankan kandungan laktosa, protein, mineral, vitamin.

Seperti susu kedelai, susu ini juga populer di kalangan orang-orang yang sedang dalam proses diet. Namun demikian, sebelum membelinya kamu tetap harus mengecek komposisi sebelum mengonsumsinya.

Hal tersebut karena produsen susu skim terkadang menambahkan gula lebih banyak agar rasanya lebih kuat.

6. Susu full cream

susu full cream
Ilustrasi susu full cream (freepik.com)

Merupakan kebalikan dari susu skim, susu full cream mengandung lemak lebih banyak yang biasanya dipilih untuk menambah berat badan. Kandungan lemak dalam susu ini sekitar 3,25 persen dengan nilai kalori lebih tinggi.

7. Susu kental manis

susu kental manis
Ilustrasi susu kental manis (freepik.com)

Susu kental manis merupakan jenis susu yang dianggap Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia bukan sebagai susu. Pasalnya, susu ini memiliki kandungan gula lebih banyak dibandingkan proteinnya.

Umumnya, susu kental manis digunakan sebagai bahan campuran untuk suatu menu tertentu. Bukan, untuk dikonsumsi dengan sendirinya.

Nah, itulah beberapa macam-macam susu kental manis yang perlu kamu ketahui sebelum mengonsumsinya.

8. Susu kurma

susu kurma
Ilustrasi susu kurma (Dearnestle)

Susu kurma adalah macam-macam susu olahan yang terbuat daru campuran susu UHT dan kurma segar yang dihaluskan, sehingga susu ini memiliki warna sedikit kecoklatan dan sedikti serat kurma.

Rasa susu ini creamy , gurih, dan manis membuat minuman ini digemari oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

9. Susu almond

 susu almond
Ilustrasi susu almond (freepik.com)

Susu almond sendiri merupakan susu yang terbuat dari bahan dasar kacang almond. Jenis susu ini bisa dikenali dari teksturnya yang lembut, seperti krim dan memiliki rasa kacang yang khas.

Macam susu ini seringkali dikonsumsi oleh orang yang harus menghindari susu sapi, sebab, susu ini aman untuk orang yang mengidap intoleransi laktosa.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik