Viral Masak Iga Bakar Diikat Pakai Tali Rafia, Ini Tanggapan Chef

Viral Masak Iga Bakar Diikat Pakai Tali Rafia, Ini Tanggapan Chef

Travel | BuddyKu | Rabu, 20 Juli 2022 - 19:21
share

JAKARTA, iNews.id - Kuliner merupakan salah satu sektor yang masih eksis hingga saat ini. Bahkan, banyak orang yang berkreasi dengan kuliner untuk menarik perhatian.

Apalagi, belakangan ini tren kuliner semakin berkembang. Berkat media sosial banyak jenis makanan yang viral dan diincar oleh para penikmatnya.

Tak hanya rasanya yang enak, lokasi, cara memasak dan penyajian dalam makanan tentunya kerap mencuri perhatian.

Baru-baru ini cuitan di Twitter viral lantaran menunjukkan cara memasak iga bakar yang diikat dengan tali rafia.

Oke rafia food grade, tulis pemilik akun satriadvvi.

Dia mengunggah dua foto yang merupakan tangkapan layar dari video milik food vlogger Kokobuncit. Foto pertama penampakan iga bakar yang diikat dengan tali rafia, kemudian di foto kedua merupakan komentar dari netizen yang menyoroti penggunaan tali rafia di iga dan dibakar menggunakan fan.

Banyak netizen yang menganggap cara tersebut justru berbahaya sebab banyak kandungan bahan kimia yang terdapat pada tali rafia. Ketika terkena panas, otomatis tali rafia meleleh.

Celebrity Chef Yuda Bustara juga ikut menyoroti berita yang sedang viral tersebut. Dia mengatakan proses pembakaran daging iga dengan metode diikat menggunakan tali rafia tidak aman.

Pastinya nggak aman karena rafia rata-rata dari plastik jadi kalau itu saya lihat di-grill langsung rafianya ke panci dan bisa saja meleleh, ujar Chef Yuda saat dihubungi MNC Portal melalui sambungan telepon, Rabu (20/7/2022).

Dia melihat cara mengikat daging itu sebenarnya untuk membuat daging iga tidak lepas dari tulangnya. Namun, bila diikat dengan tali rafia saat kena panas akan meleleh dan ikut masuk ke makanannya.

Chef Yuda pun memiliki opsi lain saat akan membakar daging iga tanpa harus menggunakan tali rafia, yaitu menggunakan tali ikat daging yang food grade.

Opsinya cari daging yang sudah diikat atau yang matang jadi nggak perlu diikat. Atau kalau mesti diikat cari tali yang food grade yang aman ketika kena pemanasan, tutur Chef Yuda.

Topik Menarik