Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 96 di Toraja Utara Berlangsung Khidmat

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 96 di Toraja Utara Berlangsung Khidmat

Terkini | toraja.inews.id | Senin, 28 Oktober 2024 - 11:50
share

TORAJA UTARA, iNews.id - Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 96 tahun 2024 dengan tema 'Maju Bersama Indonesia Raya' berlangsung khidmat, digelar di Lapangan Bakti, Rantepao, Toraja Utara, Senin (28/10/2024).

Pjs Bupati Toraja Utara bertindak selaku pembina upacara dalam sambutannya mengatakan bahwa tema maju bersama Indonesia raya menggambarkan semangat kebersamaan dalam mendorong kemajuan bangsa. 

"Kita berharap peringatan ini menjadi momen penting untuk menguatkan kesadaran kebangsaan, pemberdayaan pemuda sebagai bagian dari pembangunan jangka panjang menuju Indonesia Emas 2045," ungkap Amson Padolo.

Amson berharap, pemuda di Toraja Utara menjadi Generasi Emas Indonesia yang turut andil dalam pembangunan diberbagai bidang dimasyarakat.

"Pemuda Toraja Utara harus menjadi Generasi Emas Indonesia, membangun Indonesia dari Toraja Utara," harapnya.

Sementara itu Ketua KNPI Toraja Utara yang hadir dalam upacara tersebut mengatakan bahwa Sumpah Pemuda adalah momentum lahirnya Bangsa Ini.

"Sumpah Pemuda adalah cikal bakal persatuan Bangsa dan itu dimotori oleh Pemuda. Tanpa Sumpah Pemuda, mungkin NKRI tidak seprti ini, mungkin terdiri dari beberapa Negara, tidak satu seperti NKRI," kata Belo Tarran.

Oleh karena itu, menurut Belo Tarran pemerintah wajib mengedepankan dan memberikan ruang kepada Pemuda untuk mengisi dan terlibat di dalam pembangunan daerah, pemuda dirangkul dan di ajak berpikir, memberikan solusi. 

"Sebagai ketua KNPI, kami KNPI Toraja Utara siap berkontribusi dalam memajukan Toraja Utara yang kita cintai bersama," tutup Belo.

Pada kegiatan tersebut juga Pjs Bupati Toraja Utara Amson Padolo melepas secara resmi kontingen Pekan Olahraga Pemuda Sulawesi Selatan, Toraja Utara yang terdiri dari 14 atlet taekwondo putra-putri, 10 atlet putra-putri, 8 atlet basket putra-putri, 7 atlet putra-putri bersama tim pelatih dan tim official Dispora Toraja Utara yang akan bertanding mulai tanggal 4 sampai dengan 7 November 2024 di Makassar.

Bertindak selaku Perwira Upacara Jhony Mantong, dan Pemimpin Upacara Marsel Herwanto.

Hadir dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda Dandim 1414/Tana Toraja, Sekda Toraja Utara, Kapolsek Rantepao, serta jajaran Forkopimda.

Topik Menarik