Konsep Pembangunan Lingkungan untuk Masa Depan Bojonegoro

Konsep Pembangunan Lingkungan untuk Masa Depan Bojonegoro

Terkini | bojonegoro.inews.id | Minggu, 13 Oktober 2024 - 17:50
share

BOJONEGORO, iNews.id - Warga di Kabupaten Bojonegoro dalam beberapa hari terahir merasakan suhu udara yang cukup panas.

Bahkan berdasarkan Pantauan alat pengukur suhu di smartphone, temperatur suhu udara Bojonegoro bisa mencapai 39 derajat celsius dengan kelembaban 30 persen, kondisi tersebut berlangsung siang hari, mulai pukul 11.00 - 15.00 WIB. 

Kondisi suhu panas dikeluhkan warga, Ahmad Dhofir salah satu warga Bojonegoro mengatakan, panas Bojonegoro memang soal alam. Namun, bukan berarti pemerintah tak melakukan apapun. 

Dia berharap, ada langkah-langkah penghijauan masif di Bojonegoro. Ini untuk mengurangi suhu panas yang teramat ekstrim di wilayah Bojonegoro. 

"Program penghijauan masif justru tidak ada. Yang ada malah program pangkas pohin besar secara masif. Ini tentu kurang tepat" ungkapnya. 

Isu pembangunan lingkungan dan adaptasi perubahan iklim santer dibicarakan di Bojonegoro. Pasalnya, Bojonegoro kerap mengalami kekeringan dan suhu tinggi. 

Atas dasar itu, Setyo Wahono mencanangkan pengembangan teknologi rendah emisi dan perlindungan sumber mata air.

Terpisah, Ketua DPC Partai Demokrat Bojonegoro, Sukur Priyanto mengatakan, pembangunan kota sudah tidak waktunya berporos pada pembangunan fisik. 

Menurut dia, pembangunan lingkungan sebagai dampak perubahan iklim, juga harus diperhatikan. Ini penting karena berhubungan dengan SDA. 

"Seperti kita ketahui bersama, sebagai penghasil Migas, Bojonegoro termasuk daerah yang mengalami peningkatan suhu cukup signifikan" kata Sukur. 

Sukur menjelaskan, pembangunan lingkungan berbasis kenyamanan dan kesejukan memang harus diprioritaskan. 

Ia mengatakan, konsep pembangunan semacam ini, yang alpa dari pemerintahan Bojonegoro sebelumnya. Karena itu, paradigma pembangunan harus diubah. 

Dia menambahkan, Bojonegoro tiap tahun menerima bagi hasil minyak sebesar Rp 2 sampai Rp 3 Triliun. Itu jumlah sangat besar. Namun, suasana hidup di Bojonegoro tidak nyaman. Panas dan berdebu. 

Ini karena selama ini, pembangunan hanya berfokus pada fisik. Padahal, harusnya mempertimbangkan lingkungan dan kenyamanan. 

Senada dengan itu, Setyo Wahono dalam Program Unggulannya mencanangkan  
pelestarian dan perlindungan sumber-sumber mata air. 

Perihal yang dianggap sederhana ini, memiliki dampak besar bagi proses minimalisasi suhu panas yang ada di Bojonegoro. Setidaknya, peningkatan ruang terbuka hijau harus dibarengi dengan perlindungan sunber mata air. 

Setyo Wahono juga menyipakan program pengelolaan sampah berbasis komunitas. Program ini penting sebagai antisipasi perubahan iklim ekstrim. Pengelolaan sampah, menurut Wahono, tak boleh dikelola secara sukarela. Untuk memaksimalkannya, harus menerapkan insentif berbasis kinerja. 

"Pengelolaan sampah yang diberi insentif, tentu danpaknya berbeda jika dibanding yang sukarela" tegas adik dari Mensesneg Pratikno itu. 

Selain penghijauan secara masif,  perlindungan sumber mata air, dan pengelolaan sampah komunitas berbasis insentif kerja, calon bupati yang berpasangan dengan Nurul Azizah itu juga mencanangkan ptogram Pengembangan Ekonomi Rendah Emisi. 

Dengan suhu yang cukup panas, Bojonegoro ke depan sudah harus menyiapkan konsep ekonomi rendah emisi. Hal ini dinilai penting karena pembangunan dan peningkatan ekonomi yang tak mempertimbangkan kondisi lingkungan, bakal menambah permasalahan baru.

Topik Menarik