Pemimpin Tertinggi Iran Khamenei Desak Negara Muslim Bersatu Lawan Israel

Pemimpin Tertinggi Iran Khamenei Desak Negara Muslim Bersatu Lawan Israel

Terkini | inews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 16:30
share

TEHERAN, iNews.id - Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menyampaikan pidato terbuka setelah memimpin Salat Jumat di Teheran. Ini merupakan pidato pertamanya setelah Iran melancarkan serangan rudal ke Israel pada Selasa (1/10/2024).

Khamenei mengatakan, Israel sedang menabur benih perpecahan dan hasutan untuk memecah belah umat Islam di dunia. Menurut dia, Israel adalah musuh bersama bagi Palestina, Lebanon, Mesir, dan Irak serta Yaman dan Suriah.

“Musuh kita satu,” ujarnya di hadapan ratusan ribu orang di Teheran, seperti dikutip dari Al Jazeera, Jumat (4/10/2024).

Dia melanjutkan setiap negara memiliki hak untuk membela diri dari para agresor. Oleh karena itu, setiap negara Muslim harus mempersiapkan pertahanan untuk menghadapi musuh bersama.

Khamenei juga menyebutkan serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober dan gempuran rudal balistik Iran baru-baru ini merupakan tindakan yang sah dan legal.

“Setiap negara, setiap orang memiliki hak tertinggi untuk membela diri terhadap tirani tertinggi,” kata Khamenei.

Meski demikian, dia menegaskan Iran tidak akan menunda-nunda atau terburu-buru untuk melaksanakan tugas menghadapi Israel.

"Rakyat Palestina memiliki hak yang sah untuk membela diri. Untuk melawan para penjahat itu, pasukan penjajah. Tidak ada satu pun pengadilan atau organisasi internasional yang dapat menyalahkan rakyat Palestina karena hanya membela tanah air mereka," kata Khamenei.

Topik Menarik