Jembatan Rusak Parah, Akses Warga di Beberapa Desa di Sukaresmi Terisolasi

Jembatan Rusak Parah, Akses Warga di Beberapa Desa di Sukaresmi Terisolasi

Terkini | cianjur.inews.id | Selasa, 1 Oktober 2024 - 13:30
share

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Kondisi sejumlah jembatan penghubung antar kampung di Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, memprihatinkan. 

Kerusakan parah pada jembatan Cipeuteuy dan Cipari di Desa Rawabelut serta jembatan gantung Tipar di Desa Cibanteng mengancam mobilitas warga dan menghambat aktivitas perekonomian.

Kepala Desa Rawabelut, Kecamatan Sukaresmi, Syarif Hidayat mengatakan, Jembatan Cipeuteuy dan Cipari yang kerap dijadikan jalur alternatif menuju Puncak, kini tak lagi aman dilintasi. 

"Pondasi kedua jembatan terus terkikis akibat terjangan arus sungai. Meski telah dilakukan upaya perbaikan seadanya dengan bronjong, namun kondisi jembatan tetap memprihatinkan," katanya.

Kepala Desa Cibanteng, Mulyani, berharap pemerintah segera turun tangan untuk memperbaiki jembatan-jembatan yang rusak tersebut. Pasalnya, kerusakan jembatan tidak hanya menghambat aktivitas warga sehari-hari, tetapi juga berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Sementara itu, jembatan gantung Tipar yang menjadi satu-satunya akses bagi warga Desa Sukawangi menuju sekolah dasar di Desa Cibanteng, kondisinya memprihatinkan dengan banyaknya papan lantai yang rusak.

Topik Menarik