Profil Kaops Damai Cartenz Brigjen Faizal Ramadhani, Karier hingga Prestasi

Profil Kaops Damai Cartenz Brigjen Faizal Ramadhani, Karier hingga Prestasi

Terkini | inews | Minggu, 22 September 2024 - 04:01
share

JAKARTA, iNews.id - Brigjen Pol Faizal Ramadhani merupakan seorang perwira tinggi Polri yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Papua. Brigjen Faizal juga Kepala Operasi (Kaops) Damai Cartenz 2024.

Dihimpun dari beberapa sumber menyebutkan, jenderal bintang satu itu merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 1996. Banyak prestasi yang ditorehkan oleh pria kelahiran 4 Oktober 1974 itu.

Kariernya selama berdinas sebagai anggota Polri banyak bergelut di bidang reserse. Untuk mengetahui lebih jauh rekam jejaknya bisa disimak dalam profil singkatnya.

Profil Brigjen Pol Faizal Ramadhani

Karier Menonjol

1. Dirreskrimum Polda Papua

Sebelum menjabat sebagai Kaops Damai Cartenz, Brigjen Faizal pernah menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Papua.

2. Kaops Damai Cartenz 2024

Sejak 28 Agustus 2024, dia dipercaya memimpin Operasi Damai Cartenz, operasi gabungan TNI-Polri yang bertujuan untuk menjaga stabilitas keamanan di Papua.

3. Wakapolda Papua

Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani resmi dilantik menjadi Wakapolda Papua, Jumat (6/9/2024). Pelantikan dipimpin langsung Kapolda Papua Brigjen Pol Patrige Rudolf Renwarin di Aula Mapolda Papua.

Prestasi

1. Pembebasan Pilot Susi Air

Salah satu prestasi terbesarnya, yaitu keberhasilan membebaskan Kapten Philip Mark Mehrtens, pilot Susi Air yang disandera oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau dikenal Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua selama 19 bulan.

Pembebasan ini dilakukan melalui pendekatan soft approach yang melibatkan tokoh agama, tokoh adat dan keluarga dekat dari pihak penyandera.

2. Tangkapi Anggota OPM

Selama memimpin Operasi Damai Cartenz, Brigjen Faizal telah menorehkan berbagai prestasi, termasuk penangkapan anggota KKB dan menjaga stabilitas keamanan di wilayah Papua.

Brigjen Faizal Ramadhani merupakan sosok yang berdedikasi tinggi dan memiliki rekam jejak yang cemerlang dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Papua.

Jabatan

- Kapolres Tolitoli (2016)

- Wakapolres Metro Depok (2017)

- Analis Kebijakan Madya Bidang Sespimma Sespim Lemdilat Polri

- Kabaginfoteks Rojianbang Lemdiklat Polri

- Gadik Utama Sespimma Sespim Lemdiklat Polri

- Kakorsis Sespimma Sespim Lemdiklat Polri (2019)

- Dirreskrimum Polda Papua (2021)

- Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespimti Lemdiklat Polri (2023)

- Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat II Sespim Lemdiklat Polri (2024)

- Wakapolda Papua (2024)

Topik Menarik