Bukan Hanya Dilempar dari Atap Gedung, 4 Jenazah Warga Palestina Dicuri Tentara Israel

Bukan Hanya Dilempar dari Atap Gedung, 4 Jenazah Warga Palestina Dicuri Tentara Israel

Terkini | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 07:40
share

GAZA, iNews.id - Publik internasional dikejutkan dengan perlakuan biadab tentara Israel terhadap jenazah-jenazah warga Palestina di Tepi Barat. Video saat tentara Israel melempar jenazah-jenazah tersebut dari atap gedung menjadi viral di mana-mana.

Ternyata bukan hanya melempar, tentara Zionis juga mencuri jenazah-jenazah itu dengan membawa mereka menggunakan buldoser, sebagaimana dikisahkan saksi mata.

Peristiwa bermula dari pertempuran di Qabatiya, Tepi Barat, pada Kamis (19/9/2024). Beberapa warga mengatakan, buldoser militer Israel mengangkat empat jenazah kemudian membawanya pergi ke tempat yang tak diketahui. Tiga dari jenazah di antaranya dilempar dari atap gedung.

"Buldoser membawa mereka tanpa membiarkan kami mengucapkan selamat tinggal kepada jenazah apalagi memakamkan mereka," kata seorang warga Qabatiya, Amjad AbuAl Roub, kepada Al Jazeera, dikutip Sabtu (21/9/2024).

Dia menambahkan, baku tembak antara tentara Israel dengan para pejuang Palestina menewaskan sedikitnya tujuh warga Palestina.

Menurut Al Roub, pasukan Zionis menyerbu kota itu sekitar pukul 11.30 waktu setempat memicu perlawanan dari para pejuang. Keeempat jenazah tersebut ditemukan di dalam gedung, tiga di antaranya dilempar pada Kamis malam.

Sebelumnya kantor berita Amerika Serikat (AS) Associated Press (AP) mengungkap kejadian mengerikan tersebut. Seorang wartawan AP menyaksikan tiga tentara mendorong mayat-mayat dari atap gedung bertingkat yang berdekatan. Peristiwa tersebut merupakan pelanggaran terbaru yang dilakukan pasukan Zionis sejak dimulainya perang pada 7 Oktober.

"Ini adalah insiden serius yang tidak sejalan dengan nilai-nilai (militer Israel) dan harapan dari para prajurit (Israel). Insiden ini sedang ditinjau," bunyi pernyataan militer Israel.

Israel mengklaim pasukannya membunuh empat pejuang Palestina selama operasi di Qabatiya pada Kamis.

Dalam video yang dirilis AP, tiga tentara terlihat mengangkat tubuh yang sudah kaku lalu menyeretnya ke tepi atap gedung. Sementara pasukan zionis lainnya berada di bawah.

Di atap yang berdekatan, para tentara memegang jenazah lain dengan kedua tangan kemudian mengayunkannya ke tepi.

Pada kejadian ketiga, seorang prajurit menendang tubuh ke tepi atap sebelum jatuh dan hilang dari kamera.

Berdasarkan hukum internasional, para tentara diharuskan memastikan jenazah, termasuk jenazah pejuang musuh, diperlakukan dengan layak.

Topik Menarik