Produsen Pager Taiwan Gold Apollo Tepis Terlibat Ledakan Massal di Lebanon

Produsen Pager Taiwan Gold Apollo Tepis Terlibat Ledakan Massal di Lebanon

Terkini | inews | Rabu, 18 September 2024 - 14:54
share

TAIPEI, iNews.id - Produsen pager Taiwan, Gold Apollo, menepis dugaan keterkaitan pihaknya dalam insiden ledakan massal perangkat komunikasi itu di Lebanon, Selasa (17/9/2024) kemarin. Pemimpin perusahaan itu mengatakan, pager yang meledak di Lebanon bukan dibuat Taiwan, melainkan diproduksi dan dikembangkan oleh perusahaan Eropa.

Sebelumnya, Reuters melaporkan pada hari ini bahwa badan intelijen Israel Mossad telah menanam sejumlah kecil bahan peledak dalam 5.000 pager yang dipesan oleh kelompok Hizbullah Lebanon dari Gold Apollo.

"Pager tersebut dikembangkan dan diproduksi di luar negeri, jadi tidak ada hubungannya dengan Taiwan," kata CEO Gold Apollo, Hsu Chin Kuang, Rabu (18/9/2024), seperti dikutip portal berita Taiwan CTWANT.

Dia juga mengatakan, sekitar tiga tahun lalu, Gold Apollo telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan salah satu perusahaan Eropa. Kerja sama itu pada awalnya hanya bergerak di bidang distribusi produk Gold Apollo. Akan tetapi, perusahaan Eropa itu kemudian mulai mengembangkan sendiri pager--yang kini terlibat dalam ledakan tersebut.

Pada Selasa kemarin, ledakan massal pager terjadi di berbagai wilayah Lebanon. Kementerian Kesehatan Lebanon menyatakan ledakan tersebut telah menewaskan 11 orang dan menyebabkan lebih dari 4.000 orang terluka.

Media melaporkan bahwa pager sering digunakan oleh anggota Hizbullah sebagai sistem komunikasi rahasia yang paling tidak rentan terhadap peretasan.

Sampai berita ini dibuat, penyebab ledakan tersebut belum diketahui. Pihak berwenang Lebanon menuduh Israel bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Topik Menarik