Kebakaran Pasar Comboran Malang, 11 Mobil di Lantai 3 Hangus Tinggal Kerangka

Kebakaran Pasar Comboran Malang, 11 Mobil di Lantai 3 Hangus Tinggal Kerangka

Terkini | inews | Jum'at, 13 September 2024 - 23:44
share

MALANG, iNews.id - Kebakaran Pasar Comboran Malang tidak hanya menghanguskan puluhan lapak pedagang, Jumat (13/9/2024). Belasan mobil yang terparkir di lantai tiga pasar tersebut juga hangus dilalap api. 

Kapolsek Klojen Kompol Syabain Rahmad Kusriyanto mengungkapkan, total dari 13 mobil berbagai merek dan tipe, yang terparkir di area parkiran pasar, 10 di antaranya hangus terbakar seluruhnya, dan satu mobil terbakar sebagian.

"Kendaraan roda empat total 13, dua berhasil diturunkan, 10 hangus terbakar, tinggal kerangkanya, satu kendaraan Avanza terbakar sebagian," ucap Kompol Syabain Rahmad Kusriyanto.

Mobil Avanza itu hanya terbakar pada bagian bodi grill depan dan ban kiri meleleh, tapi bodi masih utuh. Namun karena bannya sudah rusak, mobil tak bisa dipindahkan sambil menunggu proses pendinginan.

"Nggak bisa dipindahkan yang Avanza-nya, radiatornya juga kena (terdampak kebakaran). Yang dua berhasil diturunkan itu Daihatsu Grandmax dan Mitshubishi Kuda itu diturunkan aman, nggak kebakaran," tuturnya.

Menurutnya, belasan mobil itu milik warga sekitar pasar yang diparkir dan dititipkan di area parkiran pasar. Sehari-hari mobil itu memang di tempat parkir lantai tiga sisi pojok barat.

"Itu semua mobil warga, tadi ada warga yang punya dua kendaraan Escudo dan Avanza, kebakar juga, itu warga daerah sebelah pasar. Kendaraan roda empat semua posisinya di lantai tiga pojok barat, roda dua nggak ada," ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso mengatakan, masih melakukan pendataan perihal jumlah pedagang yang terdampak kebakaran. Tapi dari data awal ada ratusan pedagang yang menempati Pasar Baru Comboran sisi barat, meski tak semuanya itu menjadi korban kebakaran.

"Kalau pedagang terdampak sekali lagi saat ini kami masih lakukan perhitungan, karena tadi juga ada banyak sekali barang-barang dagangan yang terbakar," ucap Erik Setyo Santoso. 

Erik menyatakan, proses identifikasi dan pendalaman akan dilakukan usai pelaksanaan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan identifikasi penyebab kebakaran dari tim Inafis atau tim laboratorium forensik (Labfor) kepolisian.

"Yang terbakar hangus itu yang saat ini juga masih kita lakukan satu identifikasi dan pendalaman," tandasnya.

Sebelumnya, Pasar Comboran Baru sisi barat terbakar. Api diketahui muncul sekitar pukul 18.15 WIB, Jumat malam (13/9/2024), dari sisi lantai dua bagian selatan. Api kemudian merambat ke area lantai tiga dan seluruh bagian bangunan di lantai dua dan tiga.

Proses pemadaman api berlangsung melibatkan setidaknya 8 armada Damkar, dan tiga unit mobil tangki air dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Perumda Tugu Tirta Kota Malang. Api sendiri baru berhasil dipadamkan sekitar 3,5 jam atau sekitar pukul 21.30 WIB.

Topik Menarik