Rano Karno bakal Tiru PIK untuk Tangani Masalah Kabel Semrawut di Jakarta

Rano Karno bakal Tiru PIK untuk Tangani Masalah Kabel Semrawut di Jakarta

Terkini | inews | Selasa, 10 September 2024 - 19:05
share

JAKARTA, iNews.id - Bakal Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Rano Karno bakal meniru penataan kabel bawah tanah seperti di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara (Jakut). Hal ini untuk mengatasi masalah kabel semrawut di ibu kota.

"Sudah gak boleh lagi misalnya kabel itu di atas, harus di bawah," kata Rano di kediamannya, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (10/9/2024).

Dia menyatakan, penataan kabel sudah seharusnya didesain sejak awal berada di bawah tanah. Sehingga kabel yang ada harus ditata demi keselamatan.

Mereka tidak menjaga tentang safety, ini juga harus ditata sebetulnya. Cuma memang ini bahasanya nih utility nih. Ini gak bisa desain dari begitu jadi, ini harus desain dari awal," kata dia.

Bang Doel, sapaan karibnya, mencontohkan penataan kabel di bawah tanah seperti di kawasan PIK. Selain itu, dia juga mencontohkan gorong-gorong di Prancis yang juga difungsikan sebagai jalur utilitas kabel hingga pipa.

Dia menegaskan penataan kabel semrawut harus sejak awal, tidak sekadar bongkar pasang. 

"Jadi semuanya itu kegunaan satu tempat itu banyak jalurnya. Tapi itu harus perencanaan yang dari awal. Gak bisa udah jadi kita bongkar, gak bisa seperti itu," ungkapnya.

Topik Menarik