RK-Suswono bakal Sulap Lahan Kosong di Jakarta Jadi Lahan Pertanian

RK-Suswono bakal Sulap Lahan Kosong di Jakarta Jadi Lahan Pertanian

Terkini | inews | Minggu, 8 September 2024 - 16:22
share

JAKARTA, iNews.id - Pasangan Ridwan Kamil-Suswono akan memanfaatkan lahan-lahan kosong di Jakarta untuk lahan pertanian dan perkebunan. Hal itu untuk mendukung ketahanan pangan di Jakarta.

Suswono menjelaskan, pemilik lahan kosong nantinya akan dihubungi pihaknya untuk dikonfirmasi apakah lahannya sedang digunakan atau tidak. Apabila tidak dalam jangka waktu lama, maka lahan itu akan dimanfaatkan untuk ditanam tumbuhan yang cepat panen.

"Nah kalau kira-kira masih lama (tak digunakan) kan bisa dimanfaatkan untuk tanaman-tanaman musiman, kan paling dua tiga bulan panen, itu bisa dimanfaatkan," ujar Suswono di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (8/9/2024).

Dalam jangka panjang, lahan tersebut bisa dihijaukan sehingga berdampak baik bagi udara di Jakarta. Pemilik juga boleh menggunakan lahannya untuk keperluan lain di kemudian hari.

"Tapi setidaknya puluhan tahun dia bisa mendukung untuk mengurangi polusi. Ini beberapa terobosan-terobosan yang akan dilakukan," ujar mantan Menteri Pertanian ini.

Selain itu, RK-Suswono juga menggagas program pertanian di atas rumah warga Jakarta. Program pertanian di atap rumah sudah dilakukan di berbagai negara.

"Itulah kita buat pertanian di atas rumah, bisa. Nah ini salah satu, di berbagai kota di beberapa negara sudah dilakukan. Dilihat dari atas itu hijau rumah-rumah, itu menarik," ujarnya.

Topik Menarik