HUT ke-79 TNI AL, Puluhan Mobil Antik Dipamerkan di Mako Koarmada RI

HUT ke-79 TNI AL, Puluhan Mobil Antik Dipamerkan di Mako Koarmada RI

Terkini | inews | Sabtu, 7 September 2024 - 11:55
share

JAKARTA, iNews.id - TNI Angkatan Laut (AL) menggelar Naval Base Open Day (NBOD) di Markas Komando (Mako) Koarmada RI, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (7/9/2024). Acara ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT ke-79 TNI AL.

Salah satu agenda acara yakni kirab mobil antik. Puluhan mobil yang didominasi jeep dipamerkan kepada pengunjung.

Selain itu, terdapat pula pameran sejarah, donor darah, pembagian sembako, ceramah stunting dan panggung prajurit.

"Kehadiran mobil antik bukan hanya sekadar simbol parade semata, melainkan semangat dan dedikasi yang telah berada dalam tubuh TNI AL. Kendaraan-kendaraan bersejarah ini mengingatkan kita akan perjalanan panjang yang kita lakukan serta perjuangan dari para pendahulu kita yang telah menjaga kedaulatan bangsa," ujar Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Dia juga menyapa ratusan peserta donor darah serta 300 ibu dan anak dari sejumlah wilayah Jakarta penerima program pengentasan stunting.

Menurutnya, acara ini menjadi momentum untuk merefleksikan kembali tugas dan tanggung jawab prajurit TNI AL. Dia menyatakan prajurit harus senantiasa siap siaga dalam menjaga perbatasan dan keamanan negara serta terus berinovasi beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Tak hanya itu, masyarakat juga dapat mengenal sejarah TNI AL dalam pameran sejarah. Bakti sosial dengan membagikan ribuan paket sembako kepada masyarakat, 1.000 porsi makan bergizi bersama bagi anak-anak serta masyarakat yang dibantu oleh Dapur Lapangan milik Korps Marinir, kegiatan UMKM binaan Dispotmaral, serta panggung hiburan juga disediakan dalam kegiatan tersebut.

"Acara bakti sosial merupakan wujud nyata dari komitmen TNI AL untuk selalu hadir dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, serta upaya kita untuk terus memperkuat antara TNI, khususnya TNI Angkatan Laut dengan rakyat," ucapnya.

Topik Menarik