3 Bocah yang Curi Kotak Amal Masjid di Samping Rumah Menko PMK Ngaku Cuma Bercanda

3 Bocah yang Curi Kotak Amal Masjid di Samping Rumah Menko PMK Ngaku Cuma Bercanda

Terkini | okezone | Rabu, 4 September 2024 - 02:04
share

KOTA MALANG - Kepolisian bergerak cepat pasca unggahan pencurian kotak amal masjid, di samping rumah pribadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Malang. Polisi melalui Polsek Lowokwaru mendatangi Takmir Masjid Asy-Syuura di Jalan Pisang Kipas Dalam Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Kapolsek Lowokwaru Kompol Anton Widodo membenarkan telah menerima adanya kejadian pencurian kotak amal itu di media sosial (medsos). Bahkan pihaknya sudah melakukan pengecekan ke lokasi kejadian, dan bertemu dengan takmir masjidnya.

"Memang diperoleh fakta bahwa ya benar, memang oleh takmir masjid dikembangkan ada kejadian tersebut. Kemudian sudah dilakukan mediasi oleh warga," kata Anton Widodo, saat ditemui di Mapolsek Lowokwaru, Kota Malang, Selasa (3/9/2024).

Anton menyebut, bila dari keterangan takmir masjid dan beberapa warga, termasuk Ketua RW setempat memang ada kejadian pencurian pada Jumat 30 Agustus 2024 sekitar pukul 13.30 WIB. Kepolisian juga sudah bertemu dengan terduga pelaku tiga anak yang menjadi pelaku pencurian kotak amal.

"Dilakukan secara spontan atau direncanakan dari hasil keterangan mereka awalnya mereka hanya bercanda, bahwa kotak amal ini cukup tasku diisi kotak amal itu, akhirnya dibawa," jelasnya.

Aksi pencurian itu terekam kamera CCTV masjid dan diketahui bahwa pelaku pencurian itu merupakan anak-anak yang tinggal di sekitar tempat itu. "Yang terekam di masjid itu warga mengetahui, kalau anak-anak ini tempat tinggalnya pun di sini diketahui," katanya.

Diketahui ketiga bocah pelaku pencurian kotak amal itu ternyata pelajar SMP yakni berinisial TG dan DN, yang duduk di bangku kelas VII SMP, serta satu bocah yakni VL yang duduk di bangku kelas V sekolah dasar (SD).

 

Sebelumnya diberitakan, aksi pencurian kotak amal masjid di samping rumah pribadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy viral di media sosial. Aksi pencurian itu dilakukan oleh tiga bocah yang dua di antaranya masih mengenakan setelan seragam pramuka, pada Jumat lalu (30/8/2024).

Terlihat pada video rekaman CCTV itu, ada tiga bocah yang awalnya terekam di serambi teras masjid. Dua bocah masih mengenakan setelan seragam pramuka lengkap, sedangkan satu bocah lain sudah melepas seragam pramuka, tapi masih mengenakan celana coklat yang identik dengan setelan seragam pramuka.

Dua bocah yang mengenakan seragam tampak menunggu duduk di teras masjid, sementara satu bocah yang mengenakan pakaian kaos atau sudah lepas seragam, dengan celana coklat tampak mengutak - atik di sekitar kotak amal masjid yang ada di serambi teras masjid.

Selanjutnya bocah itu lantas memasukkan kotak amal masjid ke dalam tas punggung berwarna hitam yang dibawanya. Kemudian ketiga bocah itu langsung keluar area masjid di Jalan Pisang Kipas Dalam, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Topik Menarik