Hendak Betulkan Pompa Air, Wanita Ini Terpeleset Masuk ke Dalam Sumur Sedalam 14 Meter

Hendak Betulkan Pompa Air, Wanita Ini Terpeleset Masuk ke Dalam Sumur Sedalam 14 Meter

Terkini | okezone | Rabu, 4 September 2024 - 02:48
share

BANDUNG - Seorang wanita bernama Yuli (23) terperosok kedalam sumur sedalam 14 meter yang berada di dekat rumahnya di Kampung Astaraja, Desa Margahurip, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung pada Selasa (3/9) malam.

Yuli diduga terpeleset saat memperbaiki pompa air hingga akhirnya terjatuh dan terjebak selama 1 jam sebelum Pemadam Kebakaran datang untuk mengevakuasinya.

"Iya kita dapat laporan sekitar jam 18.35 WIB, korban saat itu tengah memperbaiki pompa air. Kemudia tiba-tiba terpeleset dan hilang keseimbangan hingga terperosok ke dalam sumur," ujar Kepala Disdamkar Kabupaten Bandung, Iman Irianto Sudjana saat dikonfrimasi.

Iman menjelaskan, pihaknya pun langsung berkoordinasi dengan Regu Rescue Mako Soreang untuk melakukan evakuasi dengan menurunkan empat personil menggunakan 1 Unit Mobil Rescue.

Penyelamatan pun dilakukan dengan upaya keras menggunakan teknik block and tackel agar mempermudah mengeluarkan korban dari dalam sumur dengan kedalaman 14 meter.

"Selain itu Regu Rescue mako soreang melakukan interaksi komunikasi dengan korban agar korban tenang dan tidak panik pada saat evakuasi," ungkapnya.

Iman menambahkan, akhirnya sekitar pukul 19:30 WIB Regu Rescue berhasil mengevakuasi korban dan selanjutnya korban dilarikan kerumah sakit guna mendapatkan perawatan medis.

"Korban selamat hanya mengalami luka ringan dan langsung di bawa ke Rumah Sakit Otista," ungkapnya.

 

Sementara itu, Danru 1 Rescue Disdamkar Kabupaten Bandung, Agung Budiono menyampaikan upaya penyelamatan yang dilakukan oleh regunya.

Sesampainya di lokasi, pihaknya langsung terlebih dahulu melakukan assement dan  memastikan kondisi korban.

"Pertama-tama kita pastikan dulu si korban di bawah dalam keadaan baik-baik saja. Setelah itu baru kita menanyakan kondisi beliau. Dan alhamdulilah beliau bisa menjawab walau hanya menganggukan kepala. Karena sudah dalam keadaan lemas," kata Agung.

Agung menyebut, upaya penyelamatan korban dilakukan menggunakan tali khusus dengan cara block and tackel. Sehingga korban akhirnya bisa ditarik dan berhasil di evakuasi.

Meskipun kondisi korban pada saat dievakuasi sudah lemas lantaran berada di dalam sumur selama 1 jam.

"Korban pas sudah di atas juga sudah lemas dan tidak bisa berbicara. Menurut saksi dan keluarga sudah ada satu jam di dalam sumur," lanjutnya.

Adapun menurut Agung, kondisi sumur memiliki kedalaman 14 meter dengan ketinggian air sepinggang orang dewasa dan dalam kondisi sempit.

Korban pun akhirnya berhasil dievakuasi dengan selamay meskipun ada beberapa luka ringan akibat goresan pada saat terjatuh.

"Alhamdulilah korban selamat. Korban juga langsung dibawa ke RS Otista. Mungkin ada luka goresan sedikit-sedikit bekas benturan ketika si korban jatuh ke bawah," pungkasnya.

Topik Menarik