Persis Ajak Paus Fransiskus Serukan Kemerdekaan Palestina dalam Lawatan ke Indonesia

Persis Ajak Paus Fransiskus Serukan Kemerdekaan Palestina dalam Lawatan ke Indonesia

Terkini | inews | Selasa, 3 September 2024 - 16:48
share

JAKARTA, iNews.id - Paus Fransiskus tiba di Indonesia, Selasa (3/9/2024). Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis) berharap kedatangan Paus Fransiskus membawa pesan untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

Persis juga menyambut gembira kedatangan Paus Fransiskus dengan semangat ukhuwah insaniyah-basyariyah sebagaimana diajarkan oleh Islam.

"Harapan kami yang terbesar atas kunjungan Paus ke Indonesia dan beberapa negara kali ini dapat menjadi momentum untuk menyerukan pengakuan atas kemerdekaan dan kedaulatan Palestina. Serta menyerukan masyarakat dunia untuk bersama-sama menghentikan kejahatan Israel terhadap rakyat Palestina," kata Ketua Umum PP Persis, Jeje Zaenudin dalam keterangannya, Selasa (3/9/2024).

Jeje juga berharap Paus Fransiskus bisa membawa pesan terkait tolerasi. Salah satunya untuk melawan Islamophobia.

"Dengan pesan-pesan dan seruan Paus untuk memperkuat kerukunan antar-iman, mewujudkan toleransi antar-umat beragama, menghentikan Islamophobia," katanya.

Jeje juga berharap, Paus dapat membawa kabar yang memberikan harapan kebahagiaan dan pesan perdamaian bagi dunia yang sedang dilanda ketegangan dan perang seperti yang terjadi antara Ukraina dan Rusia.

"Kami berharap kehadiran pemimpin tertinggi umat Katolik di Indonesia dan beberapa negara ASEAN, dapat memberi pesan yang memperkuat semangat persaudaraan antar-iman dan toleransi antar-umat beragama," tuturnya.

Setelah 35 tahun, Gereja Katolik Indonesia kembali menyambut kehadiran seorang Paus, sebuah momen bersejarah yang penuh makna.

Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Antonius Subianto Bunjamin, mengungkapkan rasa syukur atas kedatangan Paus Fransiskus.

"KWI telah bekerja sama dengan Nunsius Apostolik Tahta Suci Vatikan untuk mempersiapkan segala sesuatunya sejak April 2024," katanya, Sabtu (1/9/2024).

Dalam kunjungannya, Paus Fransiskus dijadwalkan menghadiri berbagai acara penting, termasuk dialog antaragama di Masjid Istiqlal, Misa Agung di GBK, dan pertemuan dengan para pemimpin agama.

Topik Menarik