Terungkap Nilai Jual Truk Listrik Fuso eCanter, Nyaris Rp1 Miliar

Terungkap Nilai Jual Truk Listrik Fuso eCanter, Nyaris Rp1 Miliar

Terkini | okezone | Selasa, 3 September 2024 - 11:45
share

JAKARTA - Mitsubishi Fuso eCanter menjadi truk listrik pertama yang dijual di Indonesia. Meski sudah bisa dipesan, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) belum mengungkap berapa harganya. Namun, nilai jual truk listrik tersebut akhirnya terungkap.

Sebagai informasi, saat ini truk listrik Fuso eCanter sudah diboyong oleh PT Yusen Logistic yang diserahkan pada ajang GIIAS 2024. Namun, belum ada harga yang diumumkan mengenai berapa nominal yang dibayar Yusen untuk memboyong truk listrik tersebut.

Melalui laman Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), tertera Fuso eCanter dalam daftar tersebut. Hanya ada satu varian dalam daftar tersebut seperti yang diluncurkan oleh KTB.

Truk Fuso eCanter resmi dilepas ke pembeli. (Foto: Fadli Ramadhan)

Dalam laman NJKB, tercantum kode "ECANTER FE AV6M4X2AT" dengan nilai Rp974 juta. Tapi, ini merupakan nilai dasar, belum termasuk PPN (Pajak Pertambahan Nilai), Pajak Kendaraan Bermotor, Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan lainnya.

Kalau dibandingkan Canter biasa dengan kode FE 71, NJKB-nya hanya Rp228 juta. Artinya, Fuso eCanter memiliki nilai tiga kali lebih mahal ketimbang model komvensional. Bahkan masih lebih mahal dari Fuso Fighter yang merupakan model Medium Duty Truck.

Secara spesifikasi, Fuso eCanter memiliki kapasitas baterai 83 kWh dengan jarak tempuh sekitar 140 Km. Gross Vehicle Weight dari eCanter mencapai enam ton dengan muatan maksimal tiga ton.

Sebagai perbandingan, Fuso eCanter sudah dijual di Hong Kong dalam tiga pilihan kapasitas baterai. Truk listrik itu dibanderol mulai 600.000-800.000 dolar Hong Kong atau setara Rp1,2-1,8 miliar.

Topik Menarik