10 Contoh Kegiatan Maulid Nabi di Sekolah yang Menarik dan Berkesan

10 Contoh Kegiatan Maulid Nabi di Sekolah yang Menarik dan Berkesan

Terkini | inews | Senin, 2 September 2024 - 21:30
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh kegiatan Maulid Nabi di sekolah berikut ini bisa jadi referensi bagi panitia maupun guru dalam memperingati hari besar Islam itu. 

Umat Muslim Indonesia bahkan dunia kerap merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam dengan berbagai kegiatan positif setiap tahunnya. Adapun di tahun ini Maulid Nabi akan dirayakan pada Senin, 16 September 2024. 

Tak hanya di masjid, perayaan Maulid Nabi juga biasa dilaksanakan di lingkungan sekolah. Tujuan dilakukan kegiatan ini adalah memupuk rasa cinta siswa kepada Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam. 

Agar siswa tertarik dan antusias dalam mengikuti kegiatan, tak ada salahnya panitia dan guru membuat kegiatan yang kreatif, edukatif, dan bermakna. 

Berikut contoh kegiatan Maulid Nabi di sekolah yang bisa dijadikan referensi, Senin (2/9/2024). 

Contoh Kegiatan Maulid Nabi di Sekolah 

1. Lomba Ceramah

Lomba ceramah bisa mengasah kemampuan atau melatih siswa berbicara di depan umum (Public speaking). Dalam hal ini, siswa akan memberikan ceramah singkat mengenai kelahiran Nabi Muhammad. 

2. Lomba Qasidah atau Marawis

Lomba qasidah atau marawis jadi salah satu lomba Maulid Nabi di sekolah yang bisa melatih kemampuan dalam memainkan alat musik untuk lagu-lagu Islami.

3. Lomba Musabaqah Hifdzil Qur'an

Siswa penghafal Al-Qur'an bisa unjuk gigi alias unjuk kemampuan pada lomba musabaqah Hifdzil Qur'an. Lomba ini sekaligus menguji kemampuan siswa dalam menghafal dan melantunkan setiap ayat-ayat suci Al-Qur'an. 

4. Lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an

Lomba musabaqah tilawatil Qur'an jadi kesempatan bagi siswa yang mempunyai kemampuan mengaji dan melafalkan ayat-ayat Al-Qur'an dengan baik dan merdu.

5. Pawai Maulid

Saat perayaan Maulid Nabi, biasanya masyarakat mengadakan pawai keliling kota. Selain itu, siswa juga bisa mengikuti pawai ini dengan diawasi oleh guru dan sekolah. 

6. Kerja Bakti

Maulid Nabi juga jadi momentum bagi warga sekolah untuk saling menolong dan bergotong royong. Maka dari itu, sekolah perlu mengadakan kerja bakti dan bersih-bersih sekolah.

7. Makan Bersama

Makan bersama bisa jadi salah satu aktivitas atau kegiatan Maulid Nabi yang bisa dilakukan di sekolah. Kebersamaan pada kegiatan ini akan menumbuhkan keakraban antara para siswa dan guru. 

8. Lomba Adzan

Lomba adzan bisa jadi pilihan lomba yang cocok dilaksanakan di sekolah. Di perlombaan ini, siswa diharuskan untuk mengeluarkan kemampuan terbaik dalam mengumandangkan adzan.

9. Pentas Seni Islami

Untuk memperingati Maulid Nabi, sekolah perlu adanya menggelar acara yang menarik dan kreatif. Salah satunya yakni pentas seni Islami. Meski memberikan hiburan kepada penonton melalui pertunjukkan seni, nilai keislaman tidak akan hilang dalam kegiatan ini. 

10. Nonton Bareng

Kegiatan Maulid Nabi bisa dirayakan dengan mengadakan acara nonton bareng alias nobar. Film yang rekomendasi untuk ditonton adalah kisah kehidupan Nabi Muhammad dari lahir hingga wafat. 

Demikian ulasan mengenai contoh kegiatan maulid nabi di sekolah. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik