PDIP Tugaskan Bambang Pacul Jadi Wakil Ketua MPR

PDIP Tugaskan Bambang Pacul Jadi Wakil Ketua MPR

Terkini | inews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 22:51
share

JAKARTA, iNews.id - Fraksi PDIP di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menugaskan Bambang Wuryanto atau akrab disapa Bambang Pacul menjadi Wakil Ketua MPR periode 2024-2029. Keputusan ini disebut sebagai bagian tour of duty.

Ketua Fraksi PDIP, Ahmad Basarah menyampaikan partainya telah memutuskan untuk mengganti posisi pimpinan MPR setelah dirinya mengemban posisi itu selama dua periode.

"Nah, dalam rangka tour of duty maka yang akan melanjutkan pimpinan MPR berikutnya dari fraksi PDIP adalah senior partai yang sudah cukup lama berdinamika dan berdialektika di DPR ini ya, sudah lebih 20 tahun," kata Basarah di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Menurut dia, kader yang sudah lama malang melintang di Kompleks Parlemen ini sudah saatnya hijrah penugasan dari DPR ke MPR.

"Nama tokoh senior partai tersebut adalah Ir Bambang Wuryanto," ujarnya.

Diketahui, Anggota MPR dari Fraksi Partai Gerindra Ahmad Muzani disepakati menjadi Ketua MPR periode 2024-2029. Kesepakatan tercapai dalam rapat gabungan fraksi partai politik (parpol) dan unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada Rabu (2/10/2024) malam.

Basarah memastikan penunjukan Muzani telah disepakati secara musyawarah yang dipimpin oleh pimpinan MPR sementara. Dia mengatakan Muzani akan didampingi oleh delapan wakil ketua MPR.

"Beliau akan didampingi oleh delapan para wakil ketua MPR yang telah ditetapkan oleh masing-masing fraksi-fraksi politik di MPR, yang masih menunggu calon wakil ketua MPR adalah dari unsur kelompok DPD RI yang mereka masih rapat pada malam ini untuk menentukannya," ujarnya.

Topik Menarik