TNI-Polri Kerahkan 9.030 Pasukan Lebih Kawal Kedatangan Paus Fransiskus dan ISF 2024

TNI-Polri Kerahkan 9.030 Pasukan Lebih Kawal Kedatangan Paus Fransiskus dan ISF 2024

Terkini | inews | Senin, 2 September 2024 - 11:58
share

JAKARTA, iNews.id - TNI dan Polri mengerahkan sebanyak 9.030 pasukan untuk melakukan pengamanan kedatangan Paus Fransiskus dan International Sustainability Forum (ISF) 2024. Kedua kegiatan itu berlangsung di Jakarta dimulai pada September.

Rincian pasukan TNI yang dikerahkan berjumlah 4.300 dan Polri berjumlah 4.730 personel.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI, Agus Hariadi menyampaikan TNI-Polri petugas-petugas itu akan melakukan sesuai standar operasional yang berlaku. Hal ini dimulai dari pengamanan melekat hingga bagian terluar.

“Sesuai dengan protapnya VVIP, kita tidak berani mengambil risiko. Jadi semua ring sudah ada tugas dan tanggung jawabnya masing-masing,” kata Agus Hariadi di Mabes TNI, Senin (2/9/2024).

Sementara rekayasa arus lalu lintas akan langsung ditangani Polri dalam dua kegiatan itu. Agus menjelaskan rekayasa arus lalu lintas dimungkinkan selama kegiatan berlangsung.

“Ini sudah diimbau dan akan ada pengalihan ataupun modifikasi alur, nanti dari Bapak akan menjelaskan dari kepolisian. Demikian pula juga dengan pada waktu, utamanya tanggal 5, itu ada waktu dan jam yang beririsan bersama-sama,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Korps Brimob (Dankorbrimob) Polri, Komjen Pol Imam Widodo memastikan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan panitia penyelenggara untuk melakukan pengamanan kegiatan. Polri bersama TNI juga akan melakukan pengamanan termasuk terhadap serangan siber. 

“Kami berharap mudah-mudahan semuanya aman, sukses dan lancar, karena ini merupakan pertaruhan daripada bangsa Indonesia,” tandasnya.

Topik Menarik