5 Contoh Pidato Informatif yang Bisa Jadi Pedoman 

5 Contoh Pidato Informatif yang Bisa Jadi Pedoman 

Terkini | inews | Rabu, 28 Agustus 2024 - 22:34
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh pidato informatif berikut ini bisa jadi pedoman bagi kamu yang ingin menyampaikan pidato di acara resmi.

Menurut Faida, dalam bukunya yang berjudul Bilingual Thematic Speech (BTS) Pidato Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, menjelaskan pidato informatif adalah suatu jenis pidato yang disampaikan dengan tujuan memberikan informasi kepada pendengar.

Agar pendengar bisa memahami dan menerima informasi dengan mudah, ada baiknya isi pidato informatif harus logis, jelas, dan terstruktur.

Berikut iNews.id berikan contoh pidato informatif yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu (28/8/2024).

Contoh Pidato Informatif

1. Contoh Pidato Informatif tentang Kebangkitan Nasional

Selamat pagi semuanya.

Yang saya hormati Kepala Sekolah, Bapak Ibu guru serta teman-teman yang saya sayangi.

Mari kita panjatkan rasa syukur kepada Tuhan Maha Esa yang telah memberikan karunia dan rahmat-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul di sini.

Teman-teman yang saya cintai, sudah 77 tahun bangsa kita telah bangkit dari penderitaan panjang kekuasaan penjajah. Di masa itu, pemimpin terbaik bangsa memberi semangat dan dukungan kepada seluruh bangsa Indonesia untuk bangkit melawan penjajah.

Salah satu pemimpin itu adalah Dr. Wahidin Sudirohusodo yang mendirikan organisasi pemuda Budi Utomo di gedung Stovia. Pendirian organisasi ini sekaligus menjadi momentum yang menandai kebangkitan para pemuda yang ada di Indonesia.

Hadirin sekalian, jika seratus tahun yang lalu leluhur kita telah berkorban dalam mengusir penjajah, kini kita hanya menikmati hasil usaha mereka dalam kemerdekaan.

Karena itulah, sudah sepantasnya kita memaknai kebangkitan nasional ini dengan semangat nasionalisme. Selain itu, mari bangkitkan keinginan untuk berprestasi dan bersama-sama meraih cita-cita bangsa Indonesia yang maju.

Marilah kita saling membantu dan bersatu dengan belajar serta bekerja membangun kemajuan bangsa tercinta kita. Sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga pidato ini memberikan kita semua manfaat dan semangat untuk kebangkitan bangsa Indonesia.

Mohon maaf bila ada kesalahan, terima kasih banyak atas perhatiannya.

2. Contoh Pidato Informatif tentang Globalisasi

Assalamualaikum Wr. Wb.

Sebelum memulai pidato ini, saya ingin memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Berkat limpahan karunia-Nya kita dapat berkumpul di pagi hari yang berbahagia ini dalam keadaan sehat dan tanpa kekurangan apapun.

Pada pagi hari ini, saya ingin mengajak kita memahami makna dari globalisasi. Serta bagaimana sebaiknya menghadapi pengaruh globalisasi dan mengambil unsur-unsur baiknya di kehidupan sehari-hari.

Globalisasi merupakan proses penyebaran unsur-unsur di berbagai aspek kehidupan. Globalisasi mencangkup penyebaran informasi dari seluruh dunia melalui media, baik media cetak atau elektronik, bahkan bisa dari media online.

Hampir semua aspek kehidupan saling bercampur dan mempengaruhi karena adanya globalisasi. Mulai dari bidang telekomunikasi, transportasi, kuliner, hingga fashion.

Meski memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari, globalisasi juga memiliki dampak negatif lainnya. Oleh karenanya, kita harus pandai-pandai memilah dan memilih berbagai informasi yang bertebaran saat ini.

Ambil nilai-nilai positif dan hindari nilai-nilai negatif dari pengaruh globalisasi. Tujuannya agar budaya yang masuk ke Indonesia dapat tersaring dengan baik. Hal ini penting untuk dilakukan agar ciri khas budaya Nusantara tetap dapat terjaga dan bertahan di tengah terpaan modernisasi.

Kita harus menjaga berbagai kebudayaan Indonesia tidak hilang tergerus arus globalisasi. Demikian pidato ini saya sampaikan, semoga dapat berguna bagi kita semua dalam menghadapi globalisasi.

Harapannya, tentu agar keutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara tidak menjadi rusak akibat paparan globalisasi. Terima kasih. Wassalamualaikum Wr.Wb.

3. Contoh Pidato Informatif tentang Pendidikan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Tiada kata yang pantas diucapkan selain memanjatkan puji serta syukur kehadirat Allah SWT. Berkat rahmat-Nya kita bisa bersama-sama berkumpul di tempat ini dalam rangka rapat tahunan untuk membahas materi dan bahan ajar serta berinovasi dalam pendidikan.

Kehadiran Bapak Ibu dan hadirin sekalian menjadi bukti bahwa kita berharap pendidikan dapat berjalan lebih baik. Hadirin yang berbahagia, kiranya kita semua setuju bahwa pendidikan merupakan hal penting untuk meningkatkan kehidupan manusia.

Pendidikan berperan dalam membangun kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Dengan adanya pendidikan, bangsa berkembang lebih jauh karena memiliki SDM yang mampu bersaing serta memadai.

Karena itu, sebagai ujung tombak praktik pendidikan, kita juga harus berjuang untuk meningkatkan mutu pendidikan agar pendidikan di seluruh daerah menjadi merata dan terealisasikan tanpa terkecuali.

Seringkali kendala yang dihadapi ialah minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Ada sebagian masyarakat yang menilai bahwa pendidikan tidak begitu penting.

Pandangan seperti ini yang harus ditinggalkan. Kita sebagai orang tua baik di sekolah maupun rumah mulai memahami sistem belajar anak-anak seperti mendampingi belajar bersama sehingga mereka merasa diperhatikan.

Sekiranya hal ini yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Wassalamualaikum Wr. Wb.

4. Contoh Pidato Informatif tentang Sopan Santun

Assalamualaikum wr. wb.

Alhamdulillah, pagi hari ini kita semua bisa melaksanakan upacara hari Senin dengan keadaan sehat. Ada hal penting yang ingin saya sampaikan kepada anak-anakku sekalian, seluruh siswa dan siswi SMAN 1 Yogyakarta.

Minggu lalu saya menerima laporan tentang tindakan salah seorang siswa yang tidak sopan terhadap office boy di sekolah ini. Saya sangat menyayangkan hal itu, karena tindakannya sangat tidak bisa ditoleransi.

Saya tekankan kepada semuanya bahwa siapa pun, wajib kalian hormati. Tidak ada pekerjaan yang pantas diremehkan, mungkin ada yang memandang sebelah mata pekerjaan office boy di sini.

Tetapi, saya selaku kepala sekolah merasa gagal dalam mendidik kalian jika sopan santun yang ada di dalam diri kalian hilang. Saya tidak ingin ada kejadian serupa terulang lagi, baik di dalam lingkungan sekolah dan di luar sekolah.

Ingat selalu untuk menjaga nama baik sekolah, berlakulah sopan kepada siapapun tanpa pandang bulu. Itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga menjadi renungan untuk semuanya.

5. Contoh Pidato Informatif tentang Kemerdekaan

Assalamualaikum wr. wb

Syukur alhamdulillah saya ucapkan karena rahmat Allah akhirnya kita bisa berkumpul di aula ini untuk memperingati hari kemerdekaan negara kita tercinta.

Di hari kemerdekaan ini sudah sepantasnya kita bersyukur karena telah bisa merasakan kebebasan dari belenggu penjajahan bangsa asing. Kita perlu menghargai kemerdekaan ini dengan serius membangun bangsa dan negara melalui upaya yang termudah.

Upaya termudah bagi anak-anakku di sini semuanya adalah belajar yang serius untuk menjadi SDM yang berkualitas demi membangun negara kita. Jangan biarkan negara kita rusak karena dikelola oleh orang-orang yang tidak layak mengelolanya.

Jadikanlah diri kalian semua SDM yang berkualitas agar negara ini bisa maju dan kemerdekaan yang telah kita raih ini tidak menjadi sia-sia.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Demikian ulasan mengenai contoh pidato informatif. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik