Ribuan Personel Gabungan Amankan KPU jelang Pendaftaran Cagub-Cawagub Jakarta

Ribuan Personel Gabungan Amankan KPU jelang Pendaftaran Cagub-Cawagub Jakarta

Terkini | inews | Rabu, 28 Agustus 2024 - 10:17
share

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta bakal menerima dua  bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta, Rabu (28/8/2024). Untuk pengamanan, sebanyak 1.291 personel gabungan dari TNI Polri disiagakan.

"Jajaran Polres Metro Jakarta Pusat yang di-backup langsung oleh Polda Metro dan Kodam Jaya menyiagakan 1.291 personel bersiaga sejak tadi pagi," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, di kantor KPUD DKI Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Dia menjelaskan ribuan personel itu  diterjunkan untuk mengatur kedatangan ratusan massa yang akan mengantar paslon. Serta sebagai petugas juga diterjunkan untuk mengatur arus lalu lintas di depan kantor KPUD DKI Jakarta.

Sejauh ini, jalan depan KPUD DKI Jakarta hanya diberlakukan satu lajur. Nantinya jika ada penumpukan kendaraan, para pengendara dialihkan ke jalur Transjakarta.

"Pada pukul 07.00 WIB tadi sudah kami lakukan rekayasa lalu lintas di mana dua lajur depan KPUD ini akan digunakan untuk para massa pendukung paslon dan nanti sebagian kendaraan akan dimasukkan ke jalur busway untuk menghindari kepadatan di depan jalur Salemba ini," tuturnya.

Sebagai informasi, dua pasang calon yang akan mendaftar hari ini yakni, Ridwan Kamil (RK)- Suswono dan Pramono Anung - Rano Karno. Namun dua kandidat itu memiliki jam yang berbeda saat mendaftar.

Pasangan Pramono-Rano lebih dulu mendaftar, sekitar pukul 11.00 WIB. Sedangkan RK - Suswono rencananya akan tiba di KPU DKI Jakarta sekitar pukul 14.30 WIB.

Sebelumnya, Ketua DKI Jakarta Wahyu Dinata memperbolehkan pasangan calon diantar oleh para pendukungnya maksimal 200 orang. Namun dia meminta kepada para simpatisan agar selalu tertib dan mematuhi aturan yang ada.

"Bakal pasangan calon diperkenankan membawa pendukungnya 150-200 orang," ujar Wahyu, Selasa (27/8/2024).

Topik Menarik