Daftar Instansi yang Mewajibkan Sertifikat TOEFL di Seleksi CPNS 2024

Daftar Instansi yang Mewajibkan Sertifikat TOEFL di Seleksi CPNS 2024

Terkini | okezone | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 18:15
share

JAKARTA - Daftar Instansi yang mewajibkan Sertifikat TOEFL di seleksi CPNS 2024. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 telah dibuka pada 20 Agustus hingga 6 September 2024.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyediakan total 250.407 formasi untuk berbagai instansi pusat dan daerah.

Daftar Instansi yang Mewajibkan Sertifikat TOEFL di Seleksi CPNS 2024

Berikut adalah daftar instansi yang memerlukan pelamar untuk melampirkan sertifikat TOEFL, lengkap dengan persyaratan skor:

1. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

Kementerian ESDM mewajibkan semua pelamar untuk menyertakan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450. Namun, pelamar untuk posisi tertentu seperti Pengamat Gunung Api, Jenang Kapal, Mualim Kapal, Penyandang Disabilitas, serta putra/putri Papua/Papua Barat tidak perlu melampirkan dokumen ini.

2. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu)

Kemenlu memerlukan sertifikat TOEFL untuk semua jabatan yang dilamar, dengan skor minimal 550 untuk posisi jabatan fungsional Diplomat. Untuk jabatan fungsional lainnya seperti Penata Anselerai dan Pranata Informasi Diplomatik, skor TOEFL minimal yang dibutuhkan adalah 475. Jabatan pelaksana lainnya memerlukan skor minimal 450.

3. Kementerian Perindustrian (Kemenperin)

Kemenperin menetapkan batas nilai sertifikat TOEFL dengan skor minimal 475 untuk pelamar posisi guru dan dosen. Sementara itu, pelamar di Direktorat Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional memerlukan skor TOEFL minimal 500, dan sertifikat tersebut harus masih berlaku dalam waktu dua tahun sejak diterbitkan.

4. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)

Kemenkominfo mensyaratkan pelamar untuk melampirkan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450. Selain TOEFL, sertifikat IELTS dengan skor 4 atau TOEIC dengan skor 605 juga diterima.

Topik Menarik