Luar Biasa! Satgas Naga Karimata Terima 6 Pucuk Senjata dari Warga Tapal Batas RI-RDTL

Luar Biasa! Satgas Naga Karimata Terima 6 Pucuk Senjata dari Warga Tapal Batas RI-RDTL

Terkini | inews | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 15:42
share

KEFAMENANU, iNews.id - Satgas Yonkav 6 Naga Karimata menerima enam pucuk senjata dari warga Desa Noepesu, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Penyerahan ini merupakan keberhasilan anggota satgas dalam menjalin komunikasi sosial lewat pendekatan humanis dengan warga tapal batas perbatasan RI-RDTL (Timor Leste).

Dansatgas Yonkav 6/Naga Karimata Letkol Kav Ronald Tampubolon mengatakan, senjata api yang diserahkan warga secara sukarela kepada prajurit TNI yakni empat pucuk senpi rakitan jenis Flintlock dan dua pucuk senpi rakitan jenis Springfield.

"Penyerahan senjata api tersebut merupakan wujud nyata dari kedekatan Satgas Yonkav 6 Naga Karimata khususnya Mako Satgas dengan masyarakat di Noepesu," ujarnya, Jumat (23/8/2024).

Menurutnya, penyerahan senjata oleh masyarakat bermula dari berbagai bantuan yang diberikan Mako Satgas lewat pembangunan Jembatan Naga Karimata (Jenaka) dan Bakti Sosial di Desa Noepesu.

Selain itu, Pakum Satgas Yonkav 6/Naga Karimata Letda Chk M. Rizky Canka Lokananta juga melaksanakan sosialisasi kepada Masyarakat Desa Noepesu pada akhir kegiatan pemutaran Film Senandung Lirih Bijol Ma He'o Dari Kaki Gunung Mutis tentang bagaimana aturan kepemilikan senjata api ilegal yang dapat dikenakan sanksi pidana sesuai Pasal 1 ayat (1) UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

Kemudian bertepatan dengan program unggulan satgas yaitu Jumat Kasih, warga Desa Noepesu berinisial BS, ME, SS, MP dan YP menyerahkan empat pucuk senpi Flintlock dan dua senpi Springfield.

"Senjata rakitan yang diserahkan merupakan peninggalan orang tua mereka yang sudah meninggal. Almarhum orang tua mereka merupakan pejuang Timor Timur tahun 1999 dan selama ini hanya disimpan dalam rumah sebagai peninggalan leluhur," katanya.

Menurutnya, penyerahan senjata ini merupakan bentuk ucapan terima kasih warga Desa Noepesu kepada Satgas Yonkav 6 Naga Karimata. Senjata-senjata tersebut selanjutnya akan diamankan di Mako Satgas Yonkav 6/Naga Karimata untuk kemudian diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Topik Menarik