5 Berita Populer: DPR Batal Sahkan RUU Pilkada hingga Arti Peringatan Darurat

5 Berita Populer: DPR Batal Sahkan RUU Pilkada hingga Arti Peringatan Darurat

Terkini | inews | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 05:15
share

JAKARTA, iNews.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) batal mengesahkan RUU Pilkada pada Kamis (22/8/2024). Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan, rapat hanya dihadiri 89 anggota dan 87 anggota izin tidak hadir.

Berita populer lainnya adalah arti peringatan darurat Indonesia garuda biru yang viral. 

Berikut berita populer pada Kamis (22/8/2024): 

1. Breaking News: DPR Batal Sahkan RUU Pilkada Hari Ini

DPR batal mengesahkan RUU Pilkada pada rapat paripurna yang seharusnya dilaksanakan pada Kamis (22/8/2024). Diketahui, rapat paripurna tidak memenuhi quorum.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad sebagai pimpinan sidang mengutarakan, rapat paripurna hanya dihadiri oleh 89 anggota dewan. Sementara 87 anggota izin. 

2. Arti Peringatan Darurat Indonesia Garuda Biru yang Viral di Media Sosial

Peringatan darurat Indonesia garuda biru merupakan seruan keprihatinan yang menyuarakan kegelisahan masyarakat akan berbagai isu yang dianggap mengancam nilai-nilai fundamental bangsa.

Faktor yang menyebabkan peringatan darurat garuda biru ini viral antara lain kekhawatiran akan masa depan demokrasi hingga penyebaran di media sosial. 

3. Massa Kembali Turun ke Jalan, Tuntut DPR dan KPU Patuhi Putusan MK 

Ribuan massa menggeruduk Kantor DPR, Senayan, Jakarta. Mereka memprotes DPR yang tidak mematuhi putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 60/PUU-XXII/2024.

Putusan tersebut terkait ambang batas pencalonan partai politik atau gabungan partai politik untuk mengusung pasangan calon. Diketahui Panja DPR tidak mematuhi putusan MK.

4. Artis yang Posting Peringatan Darurat Garuda Biru

Terdapat artis yang memposting peringatan darurat garuda biru yang tengah viral di media sosial. Simbol garuda pada peringatan darurat dianggap menjadi representasi dari keresahan publik terhadap potensi ancaman demokrasi, keadilan, dan kebebasan di Indonesia.

Artis yang membagikan foto dengan latar biru itu, seperti Pandji Pragiwaksono, Joko Anwar, Fiersa Besari, Fedi Nuril, Arie Kriting, Abdurrahim Arsyad, Abdel Achrian, Kunto Aji, Kristo Immanuel, Joshua Suherman, Refal Hady, Wanda Hamidah, Raditya Dika.

5. Buruh, Aktivis hingga Mahasiswa Turun ke Jalan

Elemen masyarakat melakukan demo guna mengawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait ambang batas pencalonan di Pilkada Serentak 2024. Aksi dilakukan setelah Badan Legislasi (Baleg) DPR tidak mengikuti putusan MK.

Buruh, BEM UI, hingga aktivis seperti Frans Magnis Suseno, Goenawan Muhammad turun ke jalan.

Topik Menarik