Gelar Pelatihan P3PD, Kemendagri Dorong Aparatur Desa Terus Berinovasi

Gelar Pelatihan P3PD, Kemendagri Dorong Aparatur Desa Terus Berinovasi

Terkini | inews | Kamis, 22 Agustus 2024 - 22:35
share

BANDUNG, iNews.id - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri mendorong aparatur pemerintahan desa dan pengurus kelembagaan desa terus berinovasi dan mengoptimalkan potensi lokal. 

Hal itu diungkapkan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri La Ode Ahmad P Bolombo saat membuka kegiatan pelatihan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa (P3PD) Tahun 2024 yang dilaksanakan serentak se-Indonesia, Kamis (22/8/2024). 

"Melalui pelatihan ini, kami berharap peserta saling berbagi pengalaman dan pengetahuan yang akan mendorong setiap desa untuk berinovasi dan mengoptimalkan potensi lokal,” kata La Ode dalam keterangan tertulisnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Dewasari, Kabupaten Ciamis, Arni Munawaroh menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan pelatihan P3PD. 

"Saya sangat mengapresiasi P3PD yang telah memfasilitasi pelatihan ini. Kami mendapatkan banyak sekali ilmu yang bisa diterapkan di desa kami. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman dengan desa lain, yang tentunya sangat bermanfaat," ungkapnya.

Peserta lain, Azan Nur Baihaqi dari anggota BPD Desa Cijeungjing, Ciamis mengaku banyak ilmu yang didapat dari pelatihan tersebut dan siap diterapkan di desanya.

"Saya ucapkan terima kasih, dengan adanya kegiatan ini, kami dapat menambah wawasan, ilmu, dan teman baru. Silaturahmi antar peserta semakin erat, dan kami siap menerapkan apa yang telah kami pelajari di tempat kami bekerja," ujarnya.

Tingkat partisipasi peserta dalam pelatihan di Jawa Barat terpantau sangat tinggi, dengan kehadiran mencapai di atas 99 dan diperkirakan akan mencapai 100 hingga akhir kegiatan.

Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memperkuat kapasitas pemerintahan desa dan kelembagaan desa di Jawa Barat, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. 

Pelatihan di Jawa Barat dihadiri 312 desa di 9 kabupaten, yaitu Bekasi, Bogor, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Cirebon, Indramayu, dan Kuningan.

Sebanyak 1.248 peserta hadir dalam pelatihan yang berlangsung dari tanggal 21- 24 Agustus 2024. Pelatihan P3PD dibagi menjadi 39 kelas yang tersebar di tiga lokasi utama: Bogor, Cirebon, dan Bandung.

Sebanyak 78 orang pelatih dan 59 penceramah turut serta dalam pelatihan ini, dengan 33 orang penceramah memberikan materi tentang kepemimpinan dan 26 orang lainnya membahas pencegahan korupsi.

Topik Menarik