Megawati Komentari Isu Anies akan Diusung PDIP di Pilgub Jakarta

Megawati Komentari Isu Anies akan Diusung PDIP di Pilgub Jakarta

Terkini | inews | Kamis, 22 Agustus 2024 - 15:03
share

JAKARTA, iNews.id Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan tanggapan isu Anies Baswedan akan diusung oleh PDIP dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Megawati mengaku kaget ada kader PDIP mendukung Anies.

"Saya tadi kaget, ada baju merah hitam, tapi pasang spanduknya itu suruh ngegotong Pak Anies ya. Saya tanya si Komar, itu satgas apa ya, kok namanya Satgas Hitam ya. Terus katanya Pak Komar, 'Oh satgasnya itu memang mau dukung Pak Anies, Bu'," kata Megawati di Kantor DPP PDIP di Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Megawati mempertanyakan keseriusan Anies jika memang berniat bergabung dengan PDIP. Menurutnya, ada syarat yang harus dipenuhi jika ingin didukung PDIP.

"Ngapain gue suruh dukung Pak Anies. Dia bener nih kalau mau ama PDIP? Kalau mau ama PDIP jangan kayak gitu dong ya, ya tinggal mau enggak nurut dia, iya dong," ujarnya.

"Saya tuh suka jadi garuk garuk kepala lho. Enak aja sekarang kita dicari dukungannya. Bingung saya lho. Lalu kamu kemana ya kemarin sore ya? Lha iya lha. Ayo, mbok jangan gitu dong," kata Megawati.

Spekulasi mengenai kemungkinan pencalonan Anies Baswedan untuk Jakarta semakin menguat setelah pernyataan dari Masinton Pasaribu, anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR Fraksi PDIP.

Masinton menegaskan bahwa PDIP akan mendaftarkan calon sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan tidak akan terpengaruh oleh perubahan aturan yang dianggap hanya untuk kepentingan penguasa.

"Kami akan mendaftarkan. Bukan hanya kami, partai-partai lain juga yang memenuhi syarat berdasarkan putusan MK, silakan gunakan. Jangan mau ikut aturan yang diubah-ubah untuk kepentingan penguasa hari ini," kata Masinton di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/8/2024).

Masinton juga menyebut bahwa pendaftaran Anies Baswedan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan dilakukan pada 27 Agustus 2024. "Jika PDI Perjuangan mencalonkan Pak Anies Baswedan, kita kawal beramai-ramai ke KPU Jakarta," ujarnya.

Topik Menarik