Heboh Nelayan Tangkap Ikan Vampir Satu Meter, Begini Penampakannya

Heboh Nelayan Tangkap Ikan Vampir Satu Meter, Begini Penampakannya

Terkini | okezone | Kamis, 22 Agustus 2024 - 14:28
share

IKAN vampir yang dikenal menghisap darah ditemukan nelayan Inggris di tepi sungai. Ikan berukuran satu meter itu mirip belut dan bergigi tajam.

Jason Moore, awalnya sedang asyik memancing di Sungai Exe, Devon, Inggris Selatan. Ia tiba-tiba saja melihat ikan berukuran satu meter tersebut di tepi sungai.

"Ia ada di dalam air, di tepi air. Saya seperti berkata, Wah, luar biasa, lihat ukurannya! Ayo kita tangkap dan lihat.. Ia panjang dan mirip belut, dan mulutnya agak mirip lintah, tetapi jauh lebih besar. Ia punya deretan gigi, yang hampir mirip Demogorgon dari Stranger Things. Ia tampak sangat mengerikan, kata Moore kepada The Metro .

(Foto:Jason Moore/Pen News)

Ikan vampir itu dapat tumbuh hingga 50 cm, menurut The Wildfire Trust . Namun yang ditemukan Moore di Sungai Exe merupakan ukuran monster, karena panjangnya mencapai dua kali lipat.

Moore sangat mengenal spesies tersebut, ia mengatakan bahwa spesimen yang panjang itu tampaknya telah bertelur sebelum akhirnya mati. Ia berpikir meski makhluk itu tampak mengerikan, namun masyarakat tidak perlu takut.

"Tetapi saya tidak ingin siapapun merasa takut atau ngeri, atau benar-benar berpikir untuk tidak pergi ke sungai, tidak berkayak, atau menghindari sungai untuk rekreasi hanya karena ada di sana," tambahnya.

Tidak seperti acara di televisi, gigitan ikan lamprey itu tidak mematikan. Namun gigitannya bisa sangat menyakitkan dan jika tidak diobati bisa menyebabkan infeksi.

Bahkan jika seekor lamprey menempel pada manusia, ia tidak akan melukai kulit, meskipun mulutnya yang seperti cangkir hisap, yang dikelilingi gigi, mungkin meninggalkan bekas yang aneh. Saat masih muda, lamprey hidup sama sekali tidak terlihat. Ia seperti larva yang tidak berbahaya yang menggali dasar sungai berlumpur," terang Sekretaris Eksekutif Komisi Perikanan Great Lakes, Dr Marc Gaden.

Lamprey adalah hewan asli dan bagian penting dari ekosistem di seluruh Inggris, tempat mereka harus dihormati dan dilindungi. Namun, jika mereka bukan hewan asli dan invasif, seperti lamprey laut di Great Lakes Amerika Utara, mereka cukup mematikan bagi ikan asli dan harus dikendalikan, tutupnya.

Topik Menarik