KPU Kota Tasikmalaya: Paslon Pilkada 2024 Harus Daftar Melalui Aplikasi Silon

KPU Kota Tasikmalaya: Paslon Pilkada 2024 Harus Daftar Melalui Aplikasi Silon

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Kamis, 22 Agustus 2024 - 12:41
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Kepala Divisi Teknis Penyelenggara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya, Ali Fery, mengatakan, bahwa setiap pasangan calon (paslon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang mendaftar harus melalui aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

"Untuk Pilkada 2024 saat ini, para paslon yang ingin mendaftar tidak lagi menggunakan sistem yang manual, jadi untuk tahun ini, pencalonan itu menggunakan sistem aplikasi yaitu Silon," kata Ali saatt ditemui di Hotel Horison, Jalan Yudanegara, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Kamis (22/8/2024) pagi.

Ali menuturkan, pada Rabu (21/8/2024) kemarin, KPU Kota Tasikmalaya telah mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Silon Pilkada 2024 untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tasikmalaya di Hotel Harmoni, Kecamatan Tawang kepada para pengurus partai politik (parpol).

Menurutnya, bimtek tersebut digelar dalam rangka memberikan pemahaman kepada pengurus parpol yang ada di Kota Tasikmalaya, tentang mekanisme pendaftaran paslon kepala daerah.

"Ini tentunya tidak akan ribet yah, ketika para paslon mendaftar menggunakan aplikasi silon ini, apalagi kalau Pilkada kan callonnya tidak banyak pas caleg. Karena kemarin pas caleg lebih banyak, dan alhamdulilah semua terlayani dengan baik," ucap Ali.

Ali menjelaskan, sistem pendaftaran paslon menggunakan sebuah aplikasi sudah KPU lakukan pada Pilkada sebelumnya. Hanya saja, aplikasi yang digunakan berbeda dengan yang sekarang akan digunakan pada Pilkada 2024 ini.

"Sebelumnya juga sama itu pake aplikasi, tapi bukan aplikasi yang ini. Jadi tahun ini, tturannya harus pake silon," ungkapnya.

Ali berharap, para paslon yang nantinya akan mendaftar bisa menaati peraturannyang sudah ada di KPU. "Mudah-mudahan semuanya lancar, dan tidak ada kendala apapun," tandasnya.

Topik Menarik