Demo Tolak RUU Pilkada Juga Digelar di Gedung MK, Aktivis Serukan Selamatkan Demokrasi

Demo Tolak RUU Pilkada Juga Digelar di Gedung MK, Aktivis Serukan Selamatkan Demokrasi

Terkini | inews | Kamis, 22 Agustus 2024 - 12:06
share

JAKARTA, iNews.id - Demonstrasi menolak pengesahan RUU Pilkada juga digelar di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (22/8/2024). Sejumlah aktivis yang tergabung dalam perkumpulan Maklumat Juanda mendukung putusan MK terkait pilkada.

Pantauan iNews.id , ratusan aktivis terlihat kompak mengenakan baju berwarna hitam. Selain para aktivis, para guru besar, ilmuwan politik, ahli hukum tata negara, akademisi dan aktivis 98 ikut dalam aksi.

Mereka menduga ada upaya untuk menganulir dua putusan MK terkait pilkada, yaitu putusan nomor 60/PUU-XXII/2024 terkait ambang batas pencalonan dan putusan nomor 70/PUU-XXII/2024 tentang syarat usia calon kepala daerah, oleh DPR dan pemerintah lewat revisi UU Pilkada.

"Ini adalah koalisi guru besar, akademisi, mahasiswa, BEM, dan sekumpulan masyarakat sipil mereka yang berada di organisasi kepemiluan, demokrasi, kelompok teman-teman yang bergerak di isu mendukung keputusan MK," kata Juru Bicara Maklumat Juanda, Alif Iman Nurlambang di depan Gedung MK.

Pada kesempatan itu, massa aksi juga berteriak untuk menyelamatkan demokrasi.

"Selamatkan demokrasi!" pekik Alif yang diikuti massa aksi.

Topik Menarik