10 Tempat Wisata di Sumatera Barat, Nomor 2 Pemandangan Menakjubkan dari Lembah dan Hutan

10 Tempat Wisata di Sumatera Barat, Nomor 2 Pemandangan Menakjubkan dari Lembah dan Hutan

Terkini | inews | Rabu, 21 Agustus 2024 - 06:12
share

JAKARTA, iNews.id - Kekayaan budaya dan wisata Sumatera Barat, sangatlah beragam dan menarik untuk di eksplorasi. Ada 10 tempat wisata di Sumatera Barat menarik untuk diketahui.

Sumatera Barat menjadi salah satu daerah yang populer sebagai tujuan wisata di Indonesia. Distinasi wisata Sumatera Barat sangat memukau dengan kekayaan alam, budaya dan sejarah.

Pemandangan alam yang menakjubkan hingga keunikan budaya Minangkabau, setiap sudutnya menawarkan pengalaman yang tak terlupakan saat mengunjungi provinsi tersebut.

Bagi yang tengah merencanakan liburan dan mencari tempat-tempat menarik untuk dikunjungi bisa menyimak sejumlah tempat ini.

10 Tempat Wisata di Sumatera Barat

1. Lembah Harau

Lembah Harau merupakan ngarai yang terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan menawan berupa hamparan sawah dan pepohonan hijau dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi.

2. Kelok Sembilan

Kelok Sembilan merupakan atraksi wisata populer di Sumatera Barat. Lokasinya terletak di jalan yang menghubungkan Bukittinggi dengan Payakumbuh. Sesuai namanya sembilan tikungan tajam, lokasi ini menawarkan pemandangan menakjubkan dari tebing, lembah dan hutan sekitarnya.

3. Jam Gadang

Jam Gadang merupakan ikon terkenal di Bukittinggi, Sumatera Barat. Menara jam bergaya Minangkabau yang dibangun pada 1926 ini memiliki empat sisi dengan jam besar bergaya angka Romawi.

Selain menunjukkan waktu, Jam Gadang juga merupakan simbol budaya dan sejarah serta tempat populer bagi wisatawan dan penduduk setempat.

4. Pulau Mentawai

Kepulauan Mentawai merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Pulau ini menyimpan banyak pesona yang bisa masuk dalam bucket list untuk destinasi liburan.

Mentawai menawarkan pesona pantai eksotis dengan ombak cantik karena posisinya menghadap langsung ke Samudera Hindia. Kepulauan ini dikenal dengan ombak besar yang konsisten, menjadikannya surga bagi peselancar dan salah satu lokasi terbaik di dunia untuk surfing.

5. Istano Pagaruyung

Istana Pagaruyung di Batusangkar, Sumatera Barat merupakan replika istana kerajaan Pagaruyung yang bersejarah. Arsitektur Minangkabau yang khas, termasuk atap melengkungnya, istana ini melambangkan kebudayaan Minangkabau dan berfungsi sebagai museum dengan menampilkan koleksi benda bersejarah.

6. Desa Nagari Pariangan

Dikenal sebagai desa terindah di dunia, Desa Nagari Pariangan ini menyimpan banyak keindahan. Daya tarik yang ditawarkan yaitu, terdapat rumah-rumah adat asli Minangkabau dan masjid tua unik dengan daya tarik pancuran air panas yang langsung dari Gunung Merapi.

7. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai memiliki keunikan, yaitu tempatnya berada di tepi jalan raya Padang-Bukittinggi. Air terjun ini mengalir dari ketinggian sekitar 35 meter dan dikelilingi oleh hutan tropis yang rimbun.

Keindahan air terjun yang dikelilingi vegetasi hijau menjadikannya tempat ideal untuk bersantai dan menikmati alam.

8. Danau Singkarak

Danau Singkarak merupakan danau besar kedua di Sumatera Barat dan menjadi destinasi wisata populer dengan pemandangan alam menakjubkan.

Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berperahu, memancing atau sekadar bersantai di tepi danau sambil menikmati keindahan alam sekitar.

9. Tabiang Takuruang

Tabiang Takuruang merupakan destinasi wisata bukit atau tebing megah dan menjulang tinggi yang terdapat sungai menjadi dua aliran terpisah.

Di sekeliling sungai, terdapat bukit-bukit lain yang menjulang tinggi dan mengelilingi tebing tersebut, menciptakan kesan hijau asri dan alami.

10. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan taman nasional terbesar di Sumatera Barat yang menawarkan keanekaragaman flora dan fauna yang sangat kaya. Di lokasi ini, pengunjung bisa menikmati berbagai kegiatan seperti trekking, berkemah dan pengamatan burung.

Itu lah 10 destinasi wisata di Sumatera Barat yang bisa dikunjungi. Semua destinasi wisata tersebut menawarkan keindahan alam, budaya dan keberagaman Sumatera Barat.

Topik Menarik